Daftar isi [720+ Artikel]

12 Gejala Tipes pada Anak Balita Usia 1, 2, 3, 4 Tahun

Gejala tipes pada anak perlu diketahui agar anak bisa segera ditangani dengan baik dan tepat. Tipes itu sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella sp. Bakteri Salmonella suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne.

Jika tidak segera ditangani, bisa sangat berbahaya. Oleh karena itu, para orang tua perlu concern dan wajib mempelajari beberapa hal berikut ini.

Gejala tipes pada anak 1,2, 3 dan 4 tahun yang sering terjadi

Berikut adalah beberapa gejala tipes pada anak:

  1. Nyeri perut

Gejala tipes pada anak 1 tahun dan usia yang lebih tua adalah munculnya nyeri pada bagian perut. Jika anak terus menerus mengeluh sakit pada perut atau rewel, maka segeralah berwaspada, karena bisa jadi anak sedang terserang tipes.Gejala tipes pada anak Gejala tipes pada anak

  1. Demam

Demam merupakan salah satu gejala tipes yang paling mudah dikenali. Demam tipes terjadi pada jangka waktu yang lama, bahkan hingga berminggu-minggu. Segera lakukan pemeriksaan medis ketika demam anak tidak kunjung berhenti.

  1. Mual dan muntah

Beberapa anak yang terserang tipes juga akan mengalami mual, bahkan hingga muntah. Hal ini terjadi karena bakteri tipes sudah menjalar pada bagian usus serta lambung.

  1. Diare

Gejala tipes pada anak 2 tahun juga sering diikuti dengan adanya diare. Diare ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa ada infeksi bakteri di dalam usus sehingga anak akan mengeluarkan cairan berlebihan dengan tekstur feses yang lembek.

  1. Lidah berwarna putih

Jika lidah anak berwarna putih, maka bisa jadi anak sedang terserang bakteri tipes. Hal ini terjadi karena tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menjadi pucat, termasuk pada bagian lidah ini.

  1. Tubuh menjadi lemas

Terlalu banyak mengeluarkan cairan, entah itu karena diare atau muntah, akan membuat anak menjadi lebih lemas dan mudah lelah. Hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh anak yang semakin lemah, sehingga anak akan kehilangan tenaga.

  1. Bintik merah

Tipes juga akan menimbulkan gejala yang merupakan bintik merah pada seluruh tubuh. Oleh karena itu, jika ada gejala tipes pada anak 4 tahun seperti ini, segera larikan anak ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

  1. Pusing

Anak juga akan terkena sakit kepala atau pusing. Rasa sakit pada kepala ini akan memuncak pada petang hari dan malam. Hal ini terjadi karena bakteri lebih aktif saat malam hari.

  1. Hilang nafsu makan

Hilangnya nafsu makan disebabkan oleh gejala lain yang menyebabkan anak tidak berselera, termasuk untuk makan.

  1. Linglung

Kadang, anak yang terkena tipes juga akan mengalami linglung. Namun gejala ini jarang terjadi dan hanya terjadi pada kasus tipes parah saja.

  1. Pendarahan gastrointestinal

Jika tidak segera diobati, maka anak akan mengalami pendarahan pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang semakin menyebar.

  1. Hilang kesadaran

Jika sudah parah, maka tipes bisa juga menyebabkan penderitanya hilang kesadaran.

Cara Mengajari Balita Mengunyah Makanan Kering

Ide Dekorasi Ulang Tahun untuk Balita Anda

Cara mengatasi anak yang menunjukkan gejala seperti di atas antara lain:

  • Segera periksakan anak ke dokter atau rumah sakit
  • Berikan banyak air putih pada anak
  • Berikan makanan yang sehat secara teratur
  • Berikan makanan yang teksturnya lunak
  • Berikan oralit sebagai pertolongan pertama diare
  • Bersihkan lingkungan rumah, termasuk mainan anak
  • Kompres dahi anak
  • Sebelum makan, biasakan anak untuk cuci tangan
  • Usahakan agar anak banyak beristirahat

Itulah beberapa gejala tipes pada anak dan beberapa cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat.