Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Gejala Kanker Payudara yang Jarang Disadari

Salah satu penyebab utama terjadinya kematian pada para penderita kanker payudara adalah keterlambatan pendeteksian penyakit. Ketika kanker pada payudara terdeteksi sering kali jaringan kanker telah menyebar ke berbagai macam organ tubuh sehingga sudah tidak dapat diselamatkan lagi.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, pendeteksian secara dini dari penyakit ini sangat perlu dilakukan. Setiap wanita sudah sepantasnya mampu mengenali dan mendeteksi gejala kanker payudara berikut ini:

Beberapa Gejala Penyakit Kanker Payudara

  1. Timbulnya Benjolan Kecil

Gejala awal yang paling banyak dialami oleh para penderita kanker payudara adalah timbulnya benjolan kecil pada bagian payudara ataupun bagian sekitarnya (ketiak dan dada). Benjolan kecil ini biasanya memiliki diameter kurang dari 2 cm. Benjolan pada umumnya tidak disertai dengan rasa nyeri. Meskipun begitu pada kasus tertentu terkadang bejolan ini juga turut menimbulkan rasa nyeri untuk penderita.

Gejala Kanker Payudara

  1. Cairan Putih

Gejala kanker payudara yang kedua adalah keluarnya cairan putih dari puting payudara ketika payudara diberi rangsangan seperti remasan ataupun rangsangan lainnya. Normalnya cairan yang keluar dari payudara adalah air susu yang hanya diproduksi ketika wanita sedang hamil ataupun pada masa persalinan. Nah, jika Anda tidak sedang hamil ataupun berada pada masa persalinan namun payudara Anda mengeluarkan cairan putih, maka Anda sebaiknya segera memeriksakan diri Anda ke dokter.

  1. Kerutan pada Payudara

Kerutan pada payudara umumnya terjadi ketika wanita beranjak tua. Oleh karena itu, ketika ada beberapa bagian payudara yang kelihatan berkerut padahal Anda masih berusia muda, maka Anda patut untuk mewasapadainya. Kerutan pada payudara yang menandakan kanker biasanya juga diikuti penebalan sel kulit di sekitara payudara. Ketika payudara diremas, biasanya kulit akan terasa sedikit lebih tebal dan juga kasar.

Gejala Kanker Payudara

  1. Ukuran Payudara tidak Simetris

Gejala kanker payudara yang juga sering terjadi adalah perubahan pada ukuran salah satu payudara. Biasanya payudara yang terserang kanker akan terlihat sedikit lebih menurun dibandingkan dengan payudara yang tidak terserang kanker.