Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Gatal Pada Perut Saat Hamil, Apa Sebabnya ?

Bagi anda yang sedang mengalami kehamilan, terutama bagi ibu-ibu muda yang baru mengalami kehamilan pertama, mungkin akan heran kenapa perut saat kehamilan terasa gatal, anda tidak perlu takut dengan kondisi tersebut.

Perut gatal disebabkan oleh berkembangnya janin pada kandungan anda yang mulai membesar, dan menjadikan pori-pori kulit perut dan payudara anda membesar dan merasa gatal. Ini wajar terjadi ketika anda dalam masa kehamilan.

Anda bisa me minimalisir gatal pada perut saat hamil atau mengobatinya dengan cara menggunakan ramuan herbal yang ada disekitar anda dan bisa anda buat sendiri. Alasannya jelas, yakni alami dan aman untuk kesehatan janin.

Agar anda tidak penasaran maka pada penjelasan dibawah ini akan kami berikan resep yang tepat untuk mengatasi gatal pada perut saat masa kehamilan.

Cara Mengatasi Gatal Pada Perut Saat Hamil

Cara yang pertama adalah, jangan menggunakan pakaian yang ketat, gunakanlah pakaian yang longgar guna memberikan ruang gerak pada bagian perut dan tubuh anda supaya tidak merasa gatal, terlebih bila anda berkeringat. atau gunakan pakaian yang menurut anda nyaman dan aman.

Anda juga bisa menggunakan minyak lidah buaya untuk mengurangi rasa gatal di tubuh anda, caranya juga sangat mudah cukup mengoleskan minyak lidah buaya kebagian tubuh yang gatal. anda juga bisa mengoleskan langsung lendir lidah buaya kebagian yang gatal. Cara ini cukup aman digunakan dan tidak mengandung efek samping.

Gatal pada perut saat hamil

baca: Cara Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil

Gatal pada perut saat hamil

baca: Keputihan Saat Hamil (Gejala, penyebab, Obat Keputihan)

Gatal pada perut saat hamil

Cara selanjutnya adalah dengan memakan sayuran dan buah-buahan yang segar, tak lupa juga dengan diimbangi dengan minum air putih yang cukup, guna menjaga kestabilan metabolisme tubuh dan menjaga kelembapan pada kulit.

Keuntungan yang didapat juga bukan hanya gatal yang berkurang namun juga kesehatan bayi yang didalam kandungan. untuk itu anda sekarang anda tidak perlu takut apabila mengalami gatal pada perut saat hamil, karena anda bisa mensiasatinya dengan ini.

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, Buah, Pamali)

Untuk menghindari rasa gatal pada tubuh saat hamil, anda juga bisa melakukan cara berikut, yaitu dengan mandi menggunakan air dingin, jangan gunakan air hangat, karena air hangat akan memicu terjadinya gatal pada perut, meski pada waktu digunakan cukup nyaman, namun apabila setelah anda mandi dan mengeringkan badan makan rasa gatal itu akan muncul.

Hindari juga keluar apabila matahari sedang terik, karena akan memicu suhu tubuh cepat naik dan mudah mengeluarkan keringat, untuk itu apabila terpaksa keluar pada siang hari usahakan menggunakan payung, dan jangan terlalu sering terkena sinar matahari.

baca: Tips memilih kosmetik untuk Ibu Hamil yang Aman untuk Janin

Apabila anda mandi dalam masa kehamilan, jangan gunakan sabun mandi dengan aroma tertentu, dan jangan meninggalkan sedikitpun busa sabun menempel pada tubuh anda, karena ini akan memicu terjadinya gatal pada perut, sebisa mungkin menggunakan sabun bayi untuk mandi, karena sabun bayi tersebut bisa meminimalisir terjadinya gatal pada kulit, dan juga aman buat kandungan anda. Anda juga harus sesegera mungkin mengganti pakaian anda ketika sudah merasa basah, guna menghindari terjadinya iritasi dan gatal pada perut saat hamil.