Fakta dan Mitos Kehamilan, Apa Saja ?

Siapa sangka di era modern ini masih saja terdapat berbagai fakta dan mitos kehamilan yang menjadi bayang – bayangan tersendiri bagi para wanita yang akan dan sedang hamil. Tapi tidak masalah. Fakta dan mitos memang sering berkaitan serta bermunculan di dunia ini, fakta mengungkapkan kebenaran yang terjadi dan mitos hanyalah suatu cerita yang bersifat turun temurun yang tidak sepenuhnya terbukti adanya namun cukup anda percaya saja.

Kehamilan yang awalnya membawa momen indah sering berbalik menjadi momen buruk dalam hidup karena muncul berbagai fakta dan mitos yang begitu ketat serta membatasi gerak – gerik para wanita hamil ini.


Dari sini lah penulis akan membahas secara lengkap dan terperinci mengenai berbagai fakta dan mitos yang telah bertebaran di pelosok nusantara ini agar pembaca tidak salah kaprah dalam memahaminya serta pembaca paham benar – benar tentang gagasan tersebut.

Fakta dan Mitos Kehamilan Mengenai Larangan – Larangan

Kehamilan banyak mengundang kontroversi bagi para wanita yang menjalani proses kehamilan ini karena setiap aktivitasnya sangat dibatasi oleh berbagai larangan seperti munculnya fakta dan mitos kehamilan yang ada saat ini.

Larangan – larangan sudah banyak bermunculan antara lain adalah: pertama mitos larangan mandi air panas. Hal itu sepenuhnya bisa anda percayai karena wanita yang suka berendam atau mandi pada air panas seperti sauna yang cenderung suhu lebih dari 38 derajat celcius.

Faktanya jelas akan menyebabkan keadaan sel janinnya menjadi terganggu akibat suhu yang tinggi tersebut. Kedua, larangan untuk tidak menaiki pesawat. Sebenarnya wanita hamil pun boleh melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat sebab beberapa maskapai penerbangan mengijinkannya tentunya dengan surat dari dokter.

Ada lagi mitos yang menyatakan bahwa seorang wanita hamil sangat dilarang untuk memelihara hewan seperti kucing. Mengapa demikian? Kucing yang terlihat imut dan lucu tersebut ternyata mengundang malapetaka yang kebenarannya telah teruji secara baik oleh para ahli yang menyebutkan bahwa kotoran kucing mengandung zat toksoplasma.

Apakah anda tahu apa itu toksoplasma? Ialah suatu virus yang berasal dari kotoran kucing dan berakibat pada beresiko tinggi bagi janin. Untuk mengurangi hal tersebut sebaiknya anda meminta bantuan orang lain untuk mengurusinya atau anda bisa melakukan vaksinasi pada kucing anda agar bisa menghilangkan virus tersebut.

Selain memelihara kucing, ada pula suatu larangan yang tidak mengijinkan para wanita hamil ini untuk menggunakan HP. Hal ini terdengar terlalu membatasi aktivitas sang wanita, tetapi apa boleh buat itu lah fakta dan mitos kehamilan yang berkembang namun memang benar adanya karena radiasi dari HP yang telah diketahui sebagian besar orang dapat mengakibatkan kerusakan pada otak janin. Itu jika para wanita terlalu sering dan berlebihan dalam menggunakan HP, tapi jika normal dan sedikit berkurang maka tidak apa – apa.

Fakta dan Mitos Kehamilan Mengenai Kebiasaan Selama Hamil

Larangan yang ada diatas tersebut telah menjelaskan dan sesuai jika anda berlebihan. Ada lagi fakta dan mitos kehamilan yang berasal dari kebiasaan anda selama hamil. Apa sajakah itu ? Ialah antara lain kebiasaan mual dipercaya hanya muncul di pagi hari saja.

Hal itu tidak sepenuhnya benar, mengapa? Sebab pada faktanya hormon seorang wanita yang hamil dapat berubah kapan saja sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada pagi, siang, sore maupun malam hari. Jadi mitos tersebut tidak lah benar adanya.

Yang selanjutnya adalah mitos yang menyebutkan jika anda sedang hamil lalu melakukan hubungan intim maka janin akan terganggu kesehatannya. Mitos ini berimbang kebenarannya, sebab ketika kita melakukan hubungan intim yang normal atau biasa – biasa saja maka tidak terlalu bermasalah karena janin telah terlindungi oleh suatu selaput, berbeda ketika hubungan seks tersebut berjalan sangat ekstrem yang menggunakan berbagai bentuk yang cukup berat, ini akan menyebabkan selaput tersebut terancam keberadaanya dan otomatis janin akan terganggu.

Lalu ada lagi sebuah fakta dan mitos kehamilan yang unik, yaitu wanita hamil biasanya cenderung tidur dengan posisi miring ke kiri. Kenapa dan apa alasannya? Beberapa dokter yang menyarankan dan membenarkan adanya untuk tidur miring ke kiri dengan alasan dengan posisi itu maka aliran darah akan tersalurkan menuju uterus dan placenta secara lancar.

Namun akan lebih baik lagi jika anda tidur dengan posisi yang nyaman, karena kenyamanan anda akan berbuah baik pula pada sang janin yang ada dalam kandungan anda, juga dengan posisi nyaman maka anda juga telah memberikan kenyamanan tersendiri bagi janin anda. Ada lagi mitos yang mengatakan kalau menyusui akan menurunkan payud4ra wanita. Hal tersebut telah terbantahkan oleh peneliti, bahwa bagi yang menyusui maka payud4ra tidak akan turun.

Fakta dan Mitos Kehamilan Dalam Hal Makanan

Fakta dan mitos kehamilan yang pertama ialah masalah rasa makanan, jika manis maka akan mendapatkan anak perempuan namun jika asin akan mendapatkan anak laki – laki. Itu tidak lah benar, yang lebih logis karena saat hamil nafsu makan meningkat dan yang paling banyak dikonsumsi adalah makanan dengan rasa manis dan asin.

Jadi aspek rasa makanan dengan mitos sedemikian rupa tidak dapat dijadikan pedoman untuk melahirkan anak dengan jenis kelamin laki – laki atau perempuan. Lalu mitos tentang makanan pedas akan mempercepat kelahiran. Ini tidak benar juga, sebab makanan pedas akan berpengaruh kepada sang ibu bukan janin. Akan berpengaruh pada lambung ibu bukan mempercepat proses kelahirannya.

Fakta dan mitos kehamilan yang terakhir dalam hal makanan ini jatuh pada jenis makanannya. Makanan hewani atau daging – dagingan ( ayam, sapi, kambing, ikan, cumi – cumi dan lain sebagainya )akan melahirkan anak laki – laki dan kemudian makanan nabati atau sayur mayur ( sayur bayam, kangkung, kacang panjang dan sebagainya ) akan melahirkan anak perempuan. Itu tidak benar karena makanan tersebut lebih pada nafsu wanita hamil sendiri yang cenderung ingin makan ini dan itu. Jadi tidak sepenuhnya benar dan dapat dipercaya.

Jadi, penjelasan mengenai fakta dan mitos kehamilan yang dijelaskan diatas sudah sangat lengkap dan terperinci mulai dari fakta dan mitos kehamilan sepuutar larangan – larangan yang bermunculan saat hamil, kebiasaan – kebiasaan baru saat sedang hamil sampai pada fakta dan mitos pengaruh makanan pada jenis kelamin sang bayi nantinya yang dipercaya oleh beberapa orang yang masih menggunakan mitos tersebut secara turun temurun.

Boleh anda percaya boleh juga tidak, namun yang perlu diingat mitos tersebut tidak semuanya salah dan tidak semuanya benar. Jika ingin lebih benar konsultasikan pada dokter kandungan yang mengetahui secara pasti apa dan bagaimana nantinya. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya dan menyebarkannya kepada orang lain agar lebih bermanfaat.


TAGs: mitos ibu hamil, mitos larangan ibu hamil, mitos kehamilan, mitos orang hamil, Mitos larangan saat hamil, Mitos larangan orang hamil, mitos dan fakta ibu hamil, Mitos saat hamil, mitos tentang kehamilan, mitos hamil, mitos tentang ibu hamil, mitos dan fakta seputar kehamilan, mitos atau fakta apa saja tentang orang hami, mengobati flu saat hamil, melangkahi kucing hamil, Larangan melangkahi kucing ketika hamil, saat hamil menyiram kucing

Scroll Up