hamilplus.com
★ foto dan cara melukis henna untuk pemula ★

Efek Samping Daun Sirsak Yang Penting Di Ketahui Kaum Hawa

Efek samping daun sirsak kini menjadi salah satu informasi di dunia kesehatan khususnya pengobatan herbal yang banyak dicari. Kandungan di dalam daun sirsak dapat menyembuhkan berbagai penyakit sehingga banyak masyarakat yang mencari dan menggunakannya sebagai obat.

Daun sirsak diperkaya dengan berbagai zat menguntungkan seperti antioksidan dan masih banyak lagi yang membuat konsumennya dapat terbebas dari penyakit kanker dan penyakit lainnya. Namun, meskipun tergolong dalam bahan pengobatan herbal, tidak semua orang dapat mengkonsumsi daun sirsak karena efek samping yang dimilikinya.

Efek samping daun sirsak yang belum banyak diketahui

Pengobatan herbal banyak dipilih dan ditempuh oleh masyarakat karena dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit tanpa adanya efek samping layaknya obat-obatan kimia. Meskipun merupakan bahan obat herbal, namun daun sirsak memiliki beberapa efek samping bagi para konsumennya.

Hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi konsumen serta zat-zat yang terkandung di dalam daun sirsak. Banyak pihak yang mempertanyakan akan efek samping dari konsumsi daun sirsak.

efek samping daun sirsak dampak buruk sirsak efek samping daun sirsak

Untuk penjelasan lebih lanjutnya, simaklah ulasan berikut ini:

  • Efek samping konsumsi daun sirsak pada saat menstruasi

Daun sirsak dapat dikonsumsi sebagai langkah pencegahan berbagai penyakit termasuk kanker. Bahkan daun sirsak juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit hipertensi karena dapat menurunkan dan mentralisir tekanan darah tinggi dan masih banyak penyakit lainnya.

Kandungan pada daun sirsak juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kista atau meluruhkan pertumbuhan miyom yang terdapat di dinding atau di dalam rahim.

Daun sirsak dikonsumsi dengan cara direbus dengan beberapa gelas air kemudian ditunggu hingga mendidih dan air menyusut. Setelah itu, barulah air diminum secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.

Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh masyarakat apakah rebusan daun sirsak masih aman dan bagus dikonsumsi oleh wanita yang sedang datang bulan atau menstruasi. Jawaban terpercaya telah disampaikan oleh seorang dokter melalui forum tanya jawab.

Secara medis, memang tidak ada pantangan untuk tidak meminum jenis minuman tertentu pada saat menstruasi. Secara tidak langsung, hal ini menjelaskan bahwa ketika menstruasi tidak ada larangan bagi wanita untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak.

Akan tetapi, sangat perlu dilihat efek yang terjadi setelah meminum air rebusan daun sirsak tersebut. Jika memang tidak menunjukkan gejala apapun dan kondisi tubuh normal-normal saja, maka wanita yang sedang menstruasi masih diperbolehkan untuk mengonsumsi daun sirsak.

Namun, apabila setelah mengkonsumsi air rebusan daun sirsak terjadi berbagai keluhan seperti kram di bagian perut atau terjadi perdarahan yang banyak dan dalam jangka waktu lama, hal tersebut menandakan adanya efek samping daun sirsak saat menstruasi pada wanita tersebut.

Jika gejala atau indikasi seperti ini muncul, tentu saja konsumsi air rebusan daun sirsak harus dihentikan dan dapat dilanjutkan kembali beberapa hari setelah menstruasi selesai.

  • Efek samping konsumsi daun sirsak bagi wanita hamil

Walaupun tergolong dalam jenis pengobatan herbal, namun konsumsi daun sirsak ternyata memberi pengaruh negatif pada wanita yang sedang hamil. Bahaya mengkonsumsi daun sirsak ketika hamil akan berdampak langsung pada kesehatan rahim dan buah hati yang dikandung.

Mengkonsumsi rebusan daun sirsak dapat membuat intensitas mual dan muntah pada wanita hamil semakin meningkat. rasa yang ditimbulkan rebusan daun sirsak justru membuat ibu hamil akan mudah mual dan muntah. Mual dan muntah yang berlebihan tentu akan mempengaruhi kesehatan ibu dan buah hati yang dikandung.

Selain itu, terdapat pula efek samping daun sirsak bagi rahim seorang wanita yang sedang hamil. Beberapa zat yang terkandung dalam daun sirsak dapat menekan sistem kardiovaskular yang dapat menyebabkan terjadinya kontraksi dini pada rahim wanita yang sedang mengandung.

Jika kontraksi terjadi berkesinambungan dan tidak segera ditangani dengan tepat, maka kelahiran bayi lebih cepat dari waktu yang seharusnya pun akan terjadi. Untuk itu, sebaiknya bagi wanita yang sedang hami maupun menyusui, hindari dahulu konsumsi rebusan daun sirsak untuk kondisi yang lebih sehat dan bugar.

  • Efek samping konsumsi daun sirsak bagi penderita penyakit maag

Tanpa banyak diketahui, ternyata di balik fungsinya yang sangat baik untuk mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker, zat-zat yang terkandung di dalam daun sirsak justru dapat memperburuk kondisi para penderita maag.

Hal itu terjadi karena kandungan zat dan senyawa yang terdapat di dalam daun sirsak dapat memicu kenaikan produksi asam lambung yang dapat naik hingga menuju organ dada. Karena efek samping daun sirsak bagi penderita maag itulah, maka rebusan daun sirsak sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita maag.

Penderita maag dan asam lambung yang mengkonsumsi daun sirsak justru akan membuat kondisi kesehatannya semakin menurun. Produksi asam lambung yang berlebihan bahkan dapat memberikan rasa nyeri luar biasa hingga ke ulu hati.

Apabila hal ini terjadi pada Anda atau orang-orang di sekitar berikan pertolongan dengan pergi ke dokter yang dapat melakukan tindakan sesuai prosedur medis yang dapat meringankan dan mengobati.

Tanaman / Buah Penurun Kolesterol yang Ampuh Mujarab!

Ternyata terdapat beberapa efek samping yang dapat timbul karena mengonsumsi daun sirsak pada waktu-waktu tertentu atau ketika menderita sakit tertentu. Semoga penjelasan lengkap mengenai efek samping daun sirsak di atas dapat dijadikan referensi dan tambahan pengetahuan bagi Anda yang mencari-cari efek samping daun sirsak.



ARTIKEL TERBARU

Suplemen Untuk Ibu Hamil Yang Esensial


Efek Samping Antibiotik Jika Pemakaian Salah dan Terlalu Lama


Efek Samping Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Efek Samping Kayu Manis pada Pemakaiannya yang Berlebihan


Efek Samping Cream Rose di Wajah (Jangka Pendek/Panjang)


Efek Samping Daun Sirsak Yang Penting Di Ketahui Kaum Hawa

durasi baca: 7 min