DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Efek Samping Daun Salam bagi Tubuh Manusia

Efek samping daun salam memang belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Tidak hanya dapat membuat masakan menjadi semakin sedap hanya dengan menambahkan beberapa helai, daun salam juga banyak digunakan untuk menambah kecantikan dan kesehatan serta mengurangi nafsu makan. Namun, di sisi lain daun salam juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa efek samping daun salam di luar banyak khasiatnya

Berikut ini adalah beberapa efek samping konsumsi daun salam dalam intensitas dan takaran yang berlebihan:

  1. Mengalami gangguan pernapasan

Efek samping negatif daun salam jika dikonsumsi secara terus menerus atau berlebihan yang pertama adalah memicu terjadinya gangguan pernapasan.

Terlebih bagi para penderita asma atau penyakit pernapasan lainnya, sangatlah tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun salam secara berlebihan. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung ada daun salam dapat menambah buruk kondisi pernapasan yang sudah bermasalah.

  1. Mengalami konstipasi

Konstipasi umumnya memang terjadi karena seseorang kekurangan serat dan cairan. Namun ternyata mengonsumsi daun salam juga dapat memicu konstipasi atau sulit buang air besar karena keras. Hal ini dikarenakan senyawa yang terkandung dalam daun salam membuatnya sulit untuk dicerna oleh alat pencernaan.

Jika secara terpaksa Anda harus mengonsumsi daun salam untuk pengobatan misalnya tekanan darah tinggi, maka untuk menyiasatinya Anda dapat mencampurkan ekstrak daun cincau sehingga dapat menetralisir efek negatif dari daun salam yang menyebabkan konstipasi.

  1. Membuat ketagihan

Siapa yang menyangka jika ternyata daun salam jika dikonsumsi secara terus menerus dapat mengakibatkan efek candu atau ketagihan. Bagi yang sudah terbiasa membubuhkan daun salam ke dalam masakan, pasti akan merasa ada yang kurang jika masakannya tidak dibumbui dengan daun salam. Jika sudah berlebihan mengonsumsinya, masalah kesehatan pun akan bermunculan seperti gangguan pencernaan, pernapasan dan masih banyak lagi.efek samping daun salam efek samping daun salam

  1. Eksim

Eksim yang merupakan penyakit yang menyerang kulit merupakan efek samping tanaman daun salam selanjutnya jika dikonsumsi dalam kurun waktu lama. Kandungan yang terdapat dalam daun salam dapat memicu sensitivitas yang semakin tinggi dan berdampak pada penyakit eksim yang dapat muncul. Eksim haruslah ditangani sesegera mungkin.

  1. Gangguan kesehatan pada ibu hamil dan menyusui

Daun salam mengandung zat pemicu alergi yang cukup besar. Hal ini membat daun salam sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil maupun menyusui karena dapat memperbesar resiko terkena alergi. Namun tak menjadi masalah jika konsumsi daun salam masih dilakukan dalam batas wajar.

Apakah ada Efek Samping Penggunaan Masker Naturgo

Ternyata daun salam yang selama ini digunakan sebagai salah satu komponen penting bumbu pada masakan memiliki efek samping bagi tubuh dan kesehatan pula. Semoga informasi mengenai efek samping daun salam di atas menambah wawasan dan membuat Anda dapat mengontrol konsumsi daun salam secara maksimal.