DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Efek KB IUD Bagi Suami, Apakah Masih Terasa Nikmat?

Efek KB IUD bagi suami ternyata ada, yaitu salah satunya suami mungkin akan mengalami rasa sakit saat berhubu*n9an setelah pasang IUD. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara kerja KB IUD? Simak penjelasan berikut ini.

Tidak enaknya efek KB IUD bagi suami

Program KB memang bisa mencegah kehamilan atau bisa mengatur jangka waktu kehamilan. Saat ini banyak alternatif untuk melakukan program KB itu, yaitu dengan p1l atau alat k0ntra*seps1. Salah satu alat k0ntra*seps1 yang bisa melakukan tugas tersebut adalah IUD.

IUD itu sendiri merupakan singkatan dari Intra Urine Device. IUD ini cocok untuk wanita yang masih subur namun tidak ingin hamil lagi, atau yang ingin mencegah kehamilan dalam beberapa tahun ke depan.

Alat k0ntra*seps1 ini bahkan bisa mencegah kehamilan dalam kurun waktu 10 hingga 12 tahun. Jangka waktu ini efektif untuk mencegah kehamilan jangka panjang. Namun ada juga IUD hormonal yang hanya bisa efektif selama 5 tahun saja dan cocok untuk wanita yang ingin mengatur jarak kehamilan pertama dan kedua.

Bentuk IUD/KB Spiral

efek KB IUD bagi suami efek KB IUD bagi suami Bentuk IUD adalah alat dengan huruf T yang ukurannya kecil sekali, yaitu hanya sekitar 3 centimeter saja. Alat ini dililit dengan logam tembaga secara spiral. Hal ini jugalah yang menyebabkan IUD sering disebut sebagai KB spiral oleh orang awam.

Efek samping pada istri setelah menggunakan IUD ini adalah muncul rasa nyeri saat menstruasi, dan juga muncul penda-rahan saat menstruasi sehingga masa menstruasi lebih lama atau darah lebih banyak yang keluar.

Efek ini hanya terjadi pada masa awal pemakaian dan akan berangsur normal setelah beberapa bulan pemakaian. Namun pada dasarnya, alat ini tidak akan menciptakan rasa tidak nyaman pada istri, dan efektifitasnya sangat tinggi. Setelah pemasangan IUD, istri tidak akan merasa aneh. Bahkan istri tidak akan merasa bahwa ada benda asing yang bersarang di tubuhnya.efek KB IUD bagi suami efek KB IUD bagi suami

Namun ternyata hubu*n9an suami istri setelah pasang IUD juga bisa terganggu. Walau tidak banyak, namun ada beberapa suami yang mengaku bahwa ada rasa kurang nikmat bahkan sakit saat melakukan hubu*n9an sek*sual setelah istri memasang alat k0ntraseps1 ini. Hal ini dikarenakan alat IUD memiliki benang yang mungkin akan melukai atau tidak memberikan kenyamanan bagi alat repr0duksi suami sehingga akan muncul rasa sakit.

Untuk mengatasi hal ini, cara pemasangan IUD oleh dokter harus benar-benar pas, stabil dan memiliki jam terbang tinggi/banyak pengalaman. Benang tersebut harus dilingkarkan ke leher rahim. Atau jika perlu, benang bisa dipotong agar suami dan juga istri tidak mengalami masalah ini setelah memasang IUD.

Usaha Rumahan Yang Lagi Trend dan Prospektif

Demikianlah penjelasan mengenai efek KB IUD bagi suami yang perlu diketahui agar pemilihan KB untuk istri bisa dilakukan dengan tepat dan memenuhi kenyamanan istri maupun suami. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda..