Doa Untuk Orang Sakit dan Kiat Menghindari penyakit

Kesehatan merupakan anugerah yang tak terkira dari sang pencipta. Sehat merupakan nikmat yang tak tergantikan. Sebab, tubuh yang sehat adalah penggerak utama segala aktivitas. Kesehatan adalah kunci manusia dapat bekerja secara optimal, memiliki kualitas mental dan pikiran yang baik.

Namun, siapa sangka, penyakit bisa datang kapan saja. Penyakit bisa menjadi teguran dari Allah sebagai penghapus dosa. Sebagaimana hadits ”Tidaklah seorang Muslim ditimpa gangguan berupa penyakit dan lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon yang menggugurkan daunnya.” (HR Bukhari&Muslim)

Oleh karena itu, manusia harus pandai melihat hikmah dibalik cobaan yang Allah berikan. Jika kita tertimpa musibah penyakit, maka hal yang sebaiknya kita usahakan adalah berikhtiar dengan cara mengonsumsi obat atau mengikuti anjuran kesehatan, dan tak lupa berdoa. Sedangkan jika saudara kita yang terkena musibah penyakit, hal yang harus kita lakukan adalah membantu kesehatan dan mendoakannya.

Dalam Islam mendoakan saudara seiman yang sedang sakit adalah sebuah keharusan.Sebagaimana diriwayatkan, “Apabila seseorang menjenguk saudaranya muslim (yang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras.

Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat berdoa untuknya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat berdoa untuknya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HRTirmidzi)

Berikut sejumlah doa yang dianjurkan untuk mendoakan orang yang sedang sakit:

Mendoakan orang sakit parah

Suatu hari saat kita menjenguk orang yang sudah sakit parah, maka sebaiknya kita mendoakan

Allahuma ahnii maa kaa natil hayatu khairallii, wa tawaffani idzaa kanatil wa faa tu kahiralli

Artinya: Ya Allah hidupkanlah aku jika hidup ini lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku jika kematian itu lebih baik bagi diriku

Atau jika memang sudah tidak ada harapan hidup, maka doanya:

Allahuma a’inni alaa gamaraati mautti wa sakaraatil maut

Artinya: Ya Allah tolonglah aku dalam menghadapi kesengsaraan kematian dan sakaratul mautdoa untuk orang sakit  doa untuk orang sakit  doa untuk orang sakit

doa untuk orang sakit  doa untuk orang sakit  doa untuk orang sakit

doa untuk orang sakit  doa untuk orang sakit  doa untuk orang sakit

Amalan yang menghindari dari penyakit

Banyak amalan yang menghindari kita dari penyakit. Salah stau upayanya adalah menjalakan hidup sehat. Baik sehat secara pola makan, secara kebiasaan, maupun secara pikiran. Hal-hal lain yang dapat menghindarkan seseorang dari penyakit adalah

  1. Membersihkan diri

Orang yang biasa hidup bersih akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Kebersihan lingkungan dan diri sendiri adalah hal yang penting. Kebersihan lingkungan bisa dimulai dari tempat tinggal, gaya hidup, kebiasaan, cara berpakaian dan lain hal.

Kebiasaan bersih pada diri sendiri dimulai dari rutinitas seperti mandi, bangun pagi, minum air mineral secara cukup, dan sesekali berjemur di bawah terik matahari pagi.

  1. Berdzikir dan berdoa ke pada Allah

Berdzikir merupakan salah satu cara yang dianjurkan untuk mengingat Allah. Berdzikir juga menjadikan manusia ingat bahwa segala sesuatu yang Allah berikan akan bernilai pahala jika dijalankan dengan ikhlas. Termasuk ketika datangnya penyakit. Seorang hamba yang senantiasa mengingat Allah akan terus berikhtiar untuk sembuh.

  1. Berwudhu

Berwudhu merupakan salah stau jalan menjaga kesehatan. Sebab berwudhu berarti membersihkan kotoran dari tubuh manusia sehingga bakteri dan virus penyebab penyakt akan luntur.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan salah stau wujud nyata menjaga kebugaran. Dengan berolah raga tubuh terbiasa menghadapi resistansi dan membentuk daya tahan.

Kesehatan sebagai nikmat yang terhingga sudah seharusnya kita syukuri dengan menjaganya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah dan senantiasa diberikan kesehatan.