Detak Jantung Bayi Cepat, Apa Peyebab dan Solusinya ?

Memiliki bayi adalah dambaan setiap pasangan untuk melanjutkan keturunan, memiliki bayi yang sehat adalah kebahagiaan bagi orang tuannya, namun terkadang orang tua merasa khawatir,salah satunya adalah mereka khawatir tentang detak jantung bayi cepat. Padahal hal ini wajar terjadi, karena bayi dan anak anak memiliki detak jantung yang lebih cepat ketimbang orang orang dewasa.

Gejala Dan Jumlah Detak Jantung Bayi Cepat Dari Orang Dewasa

Jumlah detak jantung bayi sangat cepat ketimbang remaja ataupun orang dewasa, karena hal ini berguna untuk memompa darah lebih banyak, bayi memerlukan suplai darah yang lebih, berikut ini adalah rata rata detak jantung bayi dan anak anak, usia 1 hingga 6 hari bayi berdetak 129 hingga 166 permenit, 1 minggu hingga satu bulan sekitar 107-182 kali permenit, usia setengah tahun hingga setahun 109 hingga 169 permenit, usia 1 hinga 2 tahun berdetak 89 hingga 151 kali permenit, 3 hingga 4 tahun 73 hingga 137 kali permenit, usia 5 hingga 7 tahun 65 hingga 133 kali permenit, dan semakin dewasa maka semakin sedikit detak jantung yang dialami seseorang. detak jantung bayi cepat 2 detak jantung bayi cepat 2

Dan perlu diketahui bahwa bayi yang menangis dan merasa sakit memiliki detak jantung hingga mencapai 180 kali permenit. Bayi yang demam serta dehidrasi juga akan meningkat denyut nadinya lebih cepat. Ketika anak berwajah pucat dan membiru, sesak nafas, atau susah ketika bernafas, mengeluhkan sakit dada atau malah hingga mengalami pingsan maka segera dibawa kedokter.

Penyebab

Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika bayi anda mengalami detak jantung cepat, biasanya detak jantung cepat terjadi secara tidak teratur, jika hal ini terjadi ada penyebab yang perlu anda ketahui, detak jantung cepat bisa disebabkan beberapa hal, yaitu :

  1. Cacat jantung sejak lahir
  2. Anak atau orang tua yang menyusui mengkonsumsi obat obatan tertentu
  3. Memiliki kadar hormone yang tidak normal
  4. Setres atau kecemasan pada anak anak
  5. Dan memiliki penyakit jantung koroner

Untuk mengetahui gejala detak jantung cepat pada anak atau bayi, atau sering disebut dengan aritmia, gejala ini tidak keliatan di siang hari, biasanya bisa diamati ketika bayi tidur.  Gejala pertama yang bisa dilihat adalah terdengar dari jantung suara murmur, pusing, kepala berputar, sesak nafas, bahkan ada yang sampai pingsan, nyeri dada, pucat, keringat berlebih, lemah, dan kadang detak jantung menghilang sesekali.

Jika malam hari anak mengalami 3 gejala diatas maka segera cepat dibawa kedokter. Agar cepat ditangani oleh dokter jantung dengan berbagai tahapan seperti EKG, Foto X-ray, USG jantung dan lain sebagainya.

Pengobatan Detak Jantung Cepat Pada Bayi

Untuk pengobatan yang baik pada bayi adalah dengan pergi kedokter jantung agar mendapatkan penanganan cepat, selain itu anda sebagai orang tua juga harus memberikan makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga dapat memompa darah dengan maksimal dan baik.

BAB/Feses Bayi Anda Berwana Hijau ? Apa Penyebab dan Solusinya

Pemberian nutrisi oleh dokter bisa dilakukan dengan menghubungkan selang kedalam perut. Namun jika hal hal diatas masih tidak mampu menyembuhkan penyakit ini maka mau tidak mau harus menjalani operasi jantung.