Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Desain Kamar Mandi Menyatu Dengan Dapur Tapi Tetap Minimalis

Desain kamar mandi menyatu dengan dapur saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh para pemilik rumah yang memiliki tanah tidak terlalu luas sehingga dengan desain seperti itu akan menjadi lebih hemat tempat dan fungsional. Untuk fungsi yang lebih nyaman memang sebaiknya kamar mandi menyatu dengan kamar tidur agar lebih menjaga privasi dan tidak mengganggu pemandangan namun ada beberapa orang yang memang tidak bisa menyatukan kamar mandi dengan kamar tidur sehingga mereka menjadikannya satu dengan dapur.

Selain itu, untuk beberapa rumah besar ada yang menyatukan kamar mandi dengan dapur kotor tapi terpisah dengan dapur bersih. Dapur kotor yang dimaksud di sini adalah dapur yang lebih sering digunakan untuk masak memasak daripada dapur bersih yang hanya digunakan untuk menyimpan makanan jadi ataupun menghangatkan makanan ketika akan disajikan.

Tips Menyatukan Dapur dengan kamar Mandi

Menggabungkan kamar mandi dengan dapur menjadi solusi terbaik untuk pemilik rumah dengan tanah yang terbatas atau minimum. Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang paling penting dalam sebuah rumah yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan orang Indonesia sudah terbiasa untuk membersihkan diri dengan cara mandi hampir setiap hari bahkan sehari bisa mencapai lebih dari 2 kali.

Untuk beberapa rumah yang memiliki lahan lebih luas biasanya memisahkan kamar mandi dengan WC atau tempat untuk buang air besar. Hal ini dilakukan agar bila salah satu anggota keluarga di rumah ada yang mandi tidak akan mengganggu orang yang sedang buang air.

Menggabungkan kamar mandi dengan dapur juga kadang dilakukan untuk menunjang aktivitas di dapur, terutama untuk ibu rumah tangga yang mempunyai usaha rumahan dan sering memasak. Usaha yang dimaksud biasanya adalah catering yang tidak bisa meninggalkan dapur untuk lebih lama. Kamar mandi biasanya diletakkan agak ke pojok meskipun menyatu dengan dapur.

Desain kamar mandi menyatu dengan dapur saat ini sudah menjadi tren yang merebak khususnya pada hunian di kota besar dengan keterbatasan lahan.

Sebelum kamar mandi atau tepat di depan kamar mandi biasanya diberikan ruangan untuk mencuci namun dalam keadaan terbuka sehingga aliran air dari tempat mencuci menjadi satu dengan aliran air kamar mandi, hal ini akan memudahkan pipa pembuangan air karena menjadi satu arah dengan dua fungsi.

Untuk beberapa orang yang mempunyai lahan tidak terlalu luas biasanya adalah pemilik kos-kosan ataupun apartemen akan mendesain dengan minimalis dengan menggabungkan kamar mandi dengan dapur. Selain untuk menghemat tempat cara seperti itu bisa juga untuk menjaga ventilasi udara di luar dapur dan kamar mandi menjadi lebih segar sehingga tidak akan menyebabkan bau masakan yang menempel pada barang-barang yang ada di luar dapur.

Bahkan ada beberapa pemilik dari apartemen atau kos-kosan yang membuat kamar mandi terbuka dengan dapur yang menyatu. Biasanya Hal tersebut dilakukan untuk para penghuni yang tinggal sendirian sehingga mobilitas mereka di dalam apartemen atau kos-kosan tidak akan mengganggu orang lain dikarenakan desain unik seperti itu.

Desain kamar mandi menyatu dengan dapur

Untuk saat ini pemanfaatan lahan kecil di kota-kota besar biasanya dengan cara menaikkan atau meninggikan bangunan menjadi beberapa lantai. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan tempat tinggal pada kota-kota besar meningkat lebih tajam dibandingkan dengan luas lahan yang ada di sana.

Oleh karena itu meninggikan bangunan menjadi cara yang paling tepat untuk mendapatkan hunian nyaman dengan lahan kecil. Desain kamar mandi menyatu dengan dapur menjadi salah satu solusi yang diberikan banyak arsitek untuk desain minimalis sebuah rumah atau hunian.