DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Dampak Bayi Tidak Diimunisasi (Efek Jangka Pendek/Panjang)

Imunisasi merupakan salah satu tindakan preventif yang dilakukan untuk mencegah kemungkinan terserang berbagai macam penyakit di masa mendatang. Imunisasi memiliki peranan yang sangat penting.

Ketika imunisasi tidak diberikan ataupun diberikan secara tidak lengkap, maka sudah pasti bayi akan mengalami dampak tertentu. Berikut ini merupakan beberapa dampak bayi tidak diimunisasi yang mungkin dialami:

Dampak Negatif Bayi Tidak Diimunisasi

  1. Daya Tahan Tubuh Rendah

Bayi yang tidak diberi imunisasi biasanya cenderung memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Hal ini pada dasarnya sangat wajar terjadi mengingat imunisasi memang merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketika imunisasi tidak diberikan ataupun tidak dilakukan secara lengkap, maka sudah sepantasnya jika daya tahan tubuh anak menjadi lebih rendah terhadap beberapa macam virus yang berkaitan dengan program imunisasi tersebut.

  1. Mudah Terserang Virus Penyakit

Dampak bayi tidak diimunisasi yang kedua adalah mudah terserang virus penyakit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, imunisasi pada dasarnya merupakan tindakan preventif yang dilakukan untuk mencegah serangan virus di masa mendatang. Maka dari itu, ketika imunisasi tidak dilakukan, virus akan lebih mudah melumpuhkan sistem imun dan menyebabkan penyakit pada tubuh.

dampak bayi tidak diimunisasi

  1. Mudah Tertular Penyakit

Masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya, dampak negatif lainnya yang bisa datang karena bayi tidak diberi imunisasi adalah bayi menjadi lebih mudah tertular penyakit. Dalam kehidupan sehari – hari, manusia selalu melakukan interaksi dengan sesamanya.

Ketika interaksi ini terjadi, tidak jarang satu manusia membawa satu virus tertentu di tubuhnya yang bisa menular ke orang lain yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu, imunisasi benar – benar sangat penting untuk diberikan agar tubuh bayi tidak mudah tertular berbagai macam bibit penyakit dari orang lain.

dampak bayi tidak di imunisasi 2

  1. Efek Samping (Imunisasi Tidak Lengkap)

Selain Dampak bayi tidak diimunisasi di atas, ada juga dampak negatif yang timbul ketika imunisasi yang diberikan tidak lengkap. Vaksin imunisasi biasanya saling terkait satu dengan yang lainnya. Tidak jarang dalam satu vaksin imunisasi dibenamkan penangkal (penghindar kemungkinan berkembangnya bibit virus dalam vaksin) ataupun penguat dari vaksin imunisasi lainnya.

baca: Kenapa Bayi Belum Bisa Tengkurap?

Oleh sebab itu, ketika imunisasi tidak diberikan secara lengkap, maka satu vaksin imunisasi bisa saja menimbulkan efek samping negatif yang bisa berbahaya untuk tubuh bayi.