>>> >> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < << <<<

Contoh Undangan Tahlil Dan Cara Mudah Membuatnya

Tahlil merupakan tradisi yang begitu lekat pada masyarakat muslim di Indonesia. Sejumlah umat Islam di Indonesia biasanya menggelar tahlilan sebagai bentuk perenungan. Perenungan dan masa mengenang seseorang yang baru saja meninggal dengan cara mendoakan mereka.

Selain itu, tahlil juga sebagai bentuk perenungan bagi mereka yang masih hidup, khususnya kerabat yang ditinggalkan untuk senantiasa ingat akan kematian, meluangkan waktu untuk mencara amal pahala dan mempererat silaturahmi.

Tahlil di sejumlah masyarakat Indonesia biasanya diperingati dalam jangka waktu tujuh hari, empat puluh hari, seratus hari, dan seribu hari.Tahlil adalah kegiatan membacakan doa yang ditujukan kepada almarhum atau almarhumah. Doa yang dibacakan antara lain surat Yasin dan lafaz-lafaz dzikir kepada Allah SWT.

Ketika sebuah keluarga atau kerabat ditinggalkan, pihak keluarga lain yang masih hidup biasanya mengundang umat muslim lain, khususnya para tetangga untuk mendoakan seseorang yang baru berpulang tersebut. Hal itulah yang biasa masyarakat Indonesia sebut sebagai tahlilan. Untuk itulah diperlukan suatu undangan. Baik undangan secara lisan maupun tertulis.

Contoh undangan tahlil yang baik adalah sebagai berikut:

Undangan alagkah baiknya diidahulukan dengan lafaz basmallah. Selanjutnya diikuti dengan salam. Sebagaimana contoh berikut.

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr wb

Dengan memohon rahmat Allah SWt beserta ridha-Nya, kami bermaksud mengundang bapk/ibu/saudara/i pada peringatan tahlilan 40 hari, almarhum(ah):

(sebutkan nama)

Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari:

Tanggal:

Tempat: kediaman keluarga

Besar harapan kami bapak/ibu/saudara/i dapat memenuhi undangan ini. Atas perhatian bapak/ibu/saudara/i kami menghanturkan terima kasih.contoh undangan tahlil contoh undangan tahlil contoh undangan tahlil

Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Sesuaikan kalimat yang memang diperlukan, Anda bisa mengubahnya sendiri, misal undangan tahlilan 40 hari menjadi undangan peringatan tujuh hari atau bahkan 100 hari.

Jika Anda berkenan, Anda pun dapat menambahkan muqqadimah yang cukup panjang seperti, “segala puji dan syukur bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam, yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan manusia. Salawat serta salam senantiasa tersampikan kepada Rasulullah SAW,” baru masuk kepada kalimat undangan. Gunakan kata-kata yang efektif sehingga pesan tersampaikan.

Anda juga bisa menyertakan kutipan ayat atau kutipan harapan pada surat undangan tahlilan. Hal tersebut selain sebagai pemanis juga dapat menyampaikan suatu pesan tertentu.

Dalam membuat contoh undangan tahlil Anda bisa mengkreasikannya sendiri, misal memperindah tata letak dan hal lain. Tapi satu catatan kita, dalam undangan tahlil yang paling penting adalah apa yang hendak dicapai lebih sampai maknanya, yakni mendoakan almarhum dan almarhumah. Semoga niat kita mendoakan mereka Allah ridhai dan semoga dengan begitu, orang yang kita doakan bisa lebih diringankan dosa-dosanya sehingga mendapat tempat yang indah di sisi Allah.