Ciri Kanker Payudara pada Ibu Menyusui

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang paling banyak diderita oleh wanita di seluruh dunia. Penyakit kanker payudara tergolong sebagai penyakit yang mematikan.

Untuk bisa terhindar dari berbagai macam resiko yang dapat ditimbulkan oleh penyakit ini, Anda sebaiknya mengetaui berbagai ciri kanker payudara berikut ini.

4 Ciri utama Kanker Payudara

  1. Benjolan di Sekitar Payudara

Benjolan di sekitar payudara ataupun ketiak merupakan ciri utama dari penyakit kanker payudara. Benjolan yang menandakan kanker payudara biasanya memiliki tanda – tanda, seperti benjolan terasa keras, tidak diskrit, mudah dibedakan, tidak dapat digeser, hanya ada di salah satu payudara, dan hanya ada satu bejolan saja di salah satu payudara.

Meskipun tidak semua benjolan yang terjadi di payudara merupakan kanker, akan tetapi, jika Anda menemukan bejolan di payudara Anda, maka sebaiknya Anda langsung berkonsultasi ke dokter.

ciri kanker payudara pada ibu menyusui ciri kanker payudara stadium 3 ciri kanker payudara menyebar ke paru ciri kanker payudara pada pria ciri kanker payudara saat menyusui ciri kanker payudarah ciri kanker payudara stadium 2 ciri kanker payudara stadium 4

  1. Perubahan Bentuk dan Ukuran payudara

Perubahan bentuk ataupun ukuran payudara secara tiba – tiba dan tidak wajar juga merupakan tanda – tanda serangan kanker payudara. Ukuran payudara yang mengecil ataupun membesar sebelah yang disertai dengan bentuk payudara yang berubah (dari mancung menjadi tengkulai) biasanya merupakan pertanda awal terjadinya kanker payudara.

  1. Keluarnya Cairan dari Puting secara Tiba – tiba

Keluarnya cairan dari puting payudara secara tiba – tiba juga merupakan salah satu ciri kanker payudara. Cairan pada payudara pada dasarnya hanya keluar ketika payudara diberi rangsangan berupa remasan dan ataupun ketika sedang menyusui. Oleh sebab itu, jika cairan payudara keluar tanpa adanya rangsangan sama sekali, maka Anda patut untuk waspada dan sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter.

ciri kanker payudara 2

  1. Nyeri pada Payudara

Nyeri pada payudara biasa terjadi ketika wanita sedang mengalami mens ataupun ketika sedang hamil. Jika Anda tidak sedang hamil ataupun mens, namun merakan nyeri pada bagian payudara, maka Anda sebaiknya segera memeriksakan diri Anda ke dokter. Hal ini dikarenakan, rasa nyeri pada payudara juga merupakan salah satu ciri kanker payudara yang banyak dialami oleh sebagian penderita kanker ini.