DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

7 Ciri ciri Usus Buntu dan Cara Penanganan yang Tepat

Ciri ciri usus buntu ada banyak yang perlu diketahui agar jika terjadi gejala atau ciri ciri usus buntu, penderita harus segera ditangani secara medis dengan baik. Usus buntu itu sendiri merupakan penyakit apendistis atau peradangan pada apendix.

Jika tidak segera ditangani, radang ini akan menyebabkan infeksi menjalar hingga seluruh tubuh. Bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, berikut beberapa gejala usus buntu dan pengobatannya yang perlu diketahui.

Ciri ciri usus buntu yang bisa terjadi

Beberapa ciri ciri usus buntu antara lain:

  1. Sakit perut bagian kanan bawah

Ciri pertama usus buntu adalah muncul rasa sakit di perut kanan bawah. Hal ini terjadi karena memang posisi apendix adalah di kanan bawah. Rasa sakit ini biasanya berasal dari daerah di sekitar pusar. Rasa sakit akan berpindah atau bergeser ke perut kanan bawah. Penderita akan merasakan sakit pada bagian tersebut jika digunakan untuk beraktivitas, seperti menggerakkan perut, berjalan, batuk, atau saat berkendara di jalanan yang rusak.Ciri ciri usus buntu Ciri ciri usus buntu Ciri ciri usus buntu Ciri ciri usus buntu

  1. Sakit perut yang semakin parah

Untuk usus buntu, rasa sakit pada bagian perut tersebut cepat menjadi lebih parah. Bahkan rasa sakitnya akan benar-benar terasa sakit dan semakin parah hanya dalam hitungan jam.

  1. Demam

Demam merupakan salah satu indikator bahwa sedang ada gangguan di dalam tubuh. Demam juga terjadi pada penderita usus buntu. Demam ini terjadi karena radang sedang menginfeksi salah satu bagian tubuh.

  1. Mual dan muntah serta hilang nafsu makan

Ciri ciri usus buntu sudah pecah juga ditandai dengan penderita yang merasa mual dan tidak nafsu makan. Bahkan sebelum rasa sakit pada perut terjadi, penderita akan merasa mual dan tidak nafsu makan. Jika usus buntu sudah menyebabkan rasa sakit pada perut, biasanya penderita akan muntah-muntah.

  1. Sembelit atau diare

Karena usus buntu termasuk dalam sistem pencernaan, beberapa penderita juga mungkin akan mengalami sembelit atau diare. Sembelit atau diare ini bisa terjadi saat rasa sakit perut muncul, atau setelah rasa sakit perut. Gejalanya antara lain adanya lendir pada feses. Jika terjadi gejala demikian, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk diagnosis.

  1. Kembung

Selain mual dan muntah, penderita juga biasanya mengalami perut kembung atau begah, seperti masuk angin. Penderita akan susah buang angin, padahal tidak ada penyebab masuk angin yang dirasakan sebelumnya. Jika terjadi perut kembung dan rasa sakit pada perut bagian kanan bawah, kemungkinan besar ini adalah gejala usus buntu. Maka segera lakukan pemeriksaan.

  1. Nyeri lepas tekan

Diagnosis dini untuk penyakit usus buntu ini bisa dilakukan dengan menekan dan melepas perut bagian kanan bawah. Jika perut ditekan, maka akan ada rasa sakit. Namun ketika tekanan perut dilepas, maka rasa sakit itu akan lebih parah. Jika sudah muncul gejala seperti ini, maka penderita positif terkena radang pada usus buntu. Oleh karena itu segera larikan ke rumah sakit.

Biaya Operasi Usus Buntu di RSUD Menggunakan BPJS

Jika beberapa ciri-ciri di atas terjadi, lebih baik jangan meminum obat-obatan seperti obat maag, obat pelancar BAB, atau obat sakit perut lainnya. Hal ini justru akan memperparah usus buntu. Lebih baik segera larikan ke dokter saja. Beberapa penderita harus menjalani operasi, apalagi jika radang yang terjadi sudah akut dan bisa berakibat fatal.

Itulah beberapa ciri ciri usus buntu yang wajib diketahui dan diwaspadai. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.