Ciri-Ciri Ibu Hamil Sejak Dini

Karena kehamilan merupakan momen yang dinanti-nantikan, mengetahui ciri-ciri ibu hamil sejak dini tentu menjadi salah satu hal yang patut untuk diketahui. Pada dasarnya, banyak terjadi perubahan yang mendasar dari ibu yang sedang mengandung calon bayinya. Karena dengan adanaya embrio yang sedang berkembang dalam rahim ibu, tentu akan merubah beberapa hormon dalam tubuh ibu tersebut.

Untuk itu, tidak heran jika kita sering melihat ibu-ibu berubah menjadi lebih gemuk, payudara membesar, emosi tidak terkontrol dan lain sebagainya. Hal ini memang wajar terjadi karena perubahan hormon pada tubuh yang akan hilang dengan sendirinya saat masa kehamilan berlalu. Ciri-ciri yang terlihatpun tidaklah selalu sama antara satu ibu yang sedang mengandung dengan ibu lainnya. Semuanya tergantung pada kandungan hormon yang berubah pada tubuh masing-masing orang.


baca: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Trimester Pertama

Ciri-ciri Ibu Hamil Dilihat Dari Fisik Dan Perilaku

Hal yang paling mudah dilihat dari orang yang sedang hamil adalah dari bentuk badannya yang akan berubah. Perubahan ini terjadi karena adanya embrio yang berkembang menjadi janin ini mengubah produksi hormon menjadi tidak seimbang. Sehingga, jika pada biasanya anda kenyang dengan porsi setengah piring, dengan adanya janin ini diperlukan beberapa piring untuk membuat anda kenyang. Lagipula, janin yang berada pada rahim calon ibunya juga memerlukan nutrisi yang berimbang. Hal inilah yang secara tidak langsung merubah bentuk tubuh menjadi lebih berisi.

Ciri-Ciri Ibu Hamil

Selain itu, ciri-ciri wanita hamil yang terlihat secara fisik adalah perubahan pada payudara yang semakin membesar dan lembut. Hal ini dikarenakan seiring berkembangnya bayi dalam kandungan, kelenjar susu juga akan berkembang. Sehingga pada saat bayi keluar nantinya, kelenjar susu yang berkembang di payudara ini sudah siap untuuk digunakan.

Ciri-ciri lainnya dari ibu yang sedang hamil selanjutnya juga dapat dilihat dari perilakunya setiap hari. Adanya perubahan pada hormon progesteron dapat mengakibatkan rasa mudah lelah dan lemas pada kehamilan. Selain itu, gejala mual yang disebabkan peningkatan pada hormon HCG juga dapat terjadi awal masa kehamilan karena adanya proses penyesuaian terhadap janin.

Pada beberapa kasus, bahkan ibu yang sedang mengandung akan mengalami perubahan perasaan atau mood yang sangat drastis. Hal ini dirasa wajar karena perubahan hormon yang terjadi secara signifikan pada tubuh.

Ciri-Ciri Ibu Hamil

credit link: ciricara.com

Sebenarnya tidak semua gejala kehamilan pada ibu hamil diatas terjadi. Karena efek terhadap adanya janin pada tubuh manusia bisa berbeda-beda tergantung pada tubuh. Tapi, gejala-gejala diatas merupakan beberapa tanda-tanda kehamilan yang umumnya dialami oleh beberapa orang. Bahkan ada beberapa ibu-ibu yang mengalami gejala lainnya seperi kepala pusing, kaki bengkak, sakit punggung berkepanjangan dan lain sebagainya.

baca: Hamil Anggur (ciri-ciri, penyebab, cara mengatasi)

Tapi, ada pula beberapa ibu yang sedang hamil tapi tidak mengalami perubahan yang signifikan seperti tanda-tanda diatas. Bahkan cenderung biasa tanpa ada rasa mual dan mudah lelah. Untuk itu, kenali ciri-ciri ibu hamil sejak awal agar dapat mengatasi beberapa efek dari penyesuaian tubuh kepada calon bayi dalam tubuh.

baca: Beda Mual Hamil dengan Mual Masuk Angin


TAGs: ciri ciri orang hamil, ciri ciri fisik wanita hamil, ciri fisik orang hamil, tanda hamil, ciri orang hamil, bentuk perut ibu hamil 1 minggu, Ciri wanita hamil, ciri-ciri orang hamil, ciri ciri ibu hamil, susu ibu hamil, ciri ciri hamil 3 bulan, ciri ciri kehamilan, ciri fisik wanita hamil, hamil 1 minggu, tanda tanda orang hamil 3 hari, bentuk perut hamil 1 minggu, ciri ciri fisik wanita hamil 3 minggu

Scroll Up