Cemilan untuk Penderita Diabetes Paling Sehat Tetap Enak

Salah satu penyakit yang paling ditakuti saat ini adalah diabetes. Kenapa? Karena penyebabnya bisa karena genetik, bisa juga karena kebiasaan. Gejalanya samar-samar bahkan sering telat terdeteksi. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab penyakit diabetes seperti karena kelebihan berat badan, pola hidup atau pola makan serta karena keturunan.

Bagi yang sudah terkena penyakit diabetes, asupan makanan haruslah benar-benar diperhatikan. Bahkan takaran nasi sebagai makanan pokok pun harus ditakar setiap harinya karena nasi mengandung zat gula yang cukup tinggi. Selain itu, cemilan untuk penderita diabetes pun tidak dapat sembarangan dan banyak memiliki banyak tantangan.


Camilan untuk penderita diabetes tetap nikmat

Penderita diabetes masih dapat mengonsumsi camilan hanya saja tidak semua jenis kudapan dapat disantap. Camilan bagi para penderita diabetes yang baik adalah camilan yang mengandung serat tinggi dan kandungan zat gula yang rendah. Beberapa kudapan untuk penderita diabetes yang dapat dijadikan camilan antara lain:

  1. Buah melon dan apel

Kandungan serat dalam buah-buah khsususnya melon dan apel sangat bagus bagi penderita diabetes. Selain sehat dan rasanya manis dan enak, kedua buah ini juga dapat membantu menetralisir kadar gula dalam tubuh dengan kandungan gula alami di dalamnya. Anda dapat mencampurkan irisan melon dan apel dengan keju tawar apabila sudah mulai bosan mengonsumsi dengan cara biasa.cemilan untuk penderita diabetes cemilan untuk penderita diabetes

  1. Biskuit gandum

Gandum juga adalah kudapan yang sangat pas digunakan sebagai camilan bagi para penderita diabetes. Kandungan serat alami serta kadar gula yang tidak terlalu tinggi dapat memberikan efek cepat kenyang.

  1. Yogurt

Yogurt dapat dikonsumsi oleh orang yang menderita gula sebagai camilan bebas kadar gula berlebih serta dapat dikonsumsi oleh orang sehat sebagai pelengkap nutrisi yang juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kadar gula dalam yogurt dapat membuat gula dalam darah menjadi stabil.

  1. Biscuit crakers

Rasanya tetap lezat namun berkhasiat untuk pengaturan pemenuhan kadar nutrisi dan kadar gula yang seimbang bagi tubuh adalah kelebihan dari biscuit crackers. Crackers sangat cocok dijadikan makanan penderita diabetes di samping jadwal konsumsi makanan pokok yang lainnya.

  1. Trail mix

Trail mix atau makanan ringan campur ternyata juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan rasa yang tetap lezat. Buatlah trail mix dengan mencampurkan irisan kacang almond yang dipanggang, berbagai irisan buah-buahan kering, serta kelapa tawar yang dipotong kecil. Aduk rata semua bahan tersebut dalam mangkuk besar dan trail mix khusus penderita diabetes pun siap dikonsumsi.

  1. Popcorn

Semua kalangan masyarakat dari yang berusia tua hingga muda sepertinya selalu tertarik dengan cemilan yang satu ini. Ya, popcorn adalah salah satu cemilan yang terbuat dari jagung yang  dapat disantap penderita diabetes sebagai cemilan yang nikmat dan sehat. Yang perlu diperhatikan hanyalah jangan sekali-kali menambahkan perasa atau bumbu perasa popcorn dan biarkan popcorn berasa tawar.

  1. Kubis atau kol

Kubis atau kol ternyata tidak hanya dapat diadikan sebagai sajian sayur saja. Kubis atau kol juga dapat diolah menjadi keripik dengan proses pemanggangan. Tinggal panggang saja sampai kering helaian kubis dan tambahkan sedikit minyak zaitun di atasnya. Keripik kubis atau kol pun sudah siap dijadikan cemilan sehat dan lezat bagi penderita diabetes.

Demikianlah ulasan tentang cemilan untuk penderita diabetes yang wajib untuk dicoba karena mudah dibuat atau ditemukan serta tetap nikmat.

TAGs: camilan penderita diabetes, snack enak untuk diabetes, makanan ringan buat penderita diabetes, cemilan yang cuma berbahan gandum dan kubis, cemilan untuk penyakit diabetes, cemilan untuk penderita diabetes, cemilan sehat penderita diabetes, cemilan sehat orang tua diabet, cemilan diabetes, cemilan buat penderita diabetes, camilan untuk penderita gula, snack untuk penderita diabetes