Cara Merawat Gigi Bayi Yang Tepat

Cara merawat gigi bayi sejak dini sangatlah dibutuhkan untuk pengetahuan orangtua untuk nantinya dapat diaplikasikan kepada sang buah hati. Pengetahuan merawat gigi sejak dini begitu penting untuk menjaga agar anak Anda tetap sehat giginya. Bagi Anda yang belum mengetahui pentingnya merawat kesehatan gigi sejak dini sebaiknya membaca informasi berikut sampai tuntas.

Bayi merupakan tahap pertama sang anak tumbuh ketika sudah keluar di dunia. Bayi belum bisa mengutarakan apa saja yang dia mau dan dia rasakan. Jika sang bayi sudah mulai tumbuh giginya dan Anda belum juga melakukan perawatan ditakuti akan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah bayi akan rewel karena bermasalah dengan gigi barunya.


Langkah lain Cara merawat gigi bayi

Selama ini sebagian besar orang hanya mengetahui jika merawat gigi hanya perlu dengan menyikatnya saja. Padahal selain itu ada cara lain yang dapat digunakan. Apalagi mengingat gigi yang akan Anda bersihkan adalah bayi. Bayi seringkali susah untuk disikat giginya. Mereka sering rewel jika sang orangtua sudah mulai meggosokkan sikat gigi ke dalam mulutnya.Cara merawat gigi bayi

Cara merawat gigi bayi

Cara merawat gigi bayiCara merawat gigi bayi

Pemilihan sikat gigi yang tepat juga harus di perhatikan karena pemilihan sikat gigi yang salah akan berdampak buruk pada bayi. Jika sikat bulu yang digunakan terlalu keras, itu akan menimbulkan luka. Cara merawat gigi bayi selain menggosoknya yang pertama adalah membatasi minumannya. Minuman yang diberikan pada bayi harus Anda batasi seperti hanya mengkonsumsi air susu ibu, susu formula dan air putih.

Cara merawat gigi bayi selanjutnya diluar menyikat gigi bayi adalah dengan menghindari pemberian jus dalam botol. Orangtua yang mnginginkan kesehatan untuk sang anak pastinya akan memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna. Buah terkadang menjadi masalah dalam hal pemberiannya.

Sering kali orangtua yang sudah kebingungan mencari cara memberikan buah hatinya dengan buah, akan menghancurkan buah tersebut dalam bntuk jus dan memasukkannya ke dalam botol. Padahal cara ini sangat tidak dianjurkan bagi bayi Anda. Anda dianjurkan lebih baik memberikan buah secara langsung tanpa harus menghancurkannya terlebih dahulu dalam bentuk jus. Ini akan lebih baik dalam perawatan gigi bayi.

Langkah ketiga yang dapat Anda tempuh dalam perawatan gigi bayi Anda adalah dengan memberikan air putih menelang sang anak tidur. Kebiasaan anak menjelang tidur adalah meminum susu dari air susu ibu atau pun susu formula. Nah, setelah meminum susu tersebut, biasanya akan meninggalkan bekas pada gigi sang anak. Inilah salah satu penyebab keruskan gigi dapat terjadi.

Bekas susu yang tertinggal itulah yang menjadi penyebab gigi anak menjadi rusak. Oleh karenanya, jika sang anak telah memasuki umur 1 tahun sebaiknya Anda memberikan air putih saja sebelum tidur. Jika sang anak ingin minum susu, berilah susu tersebut namun setelah meminumnya Anda juga harus memberikan sang anak air putih. Semoga informasi tentang cara merawat gigi bayi dapat membantu.


Scroll Up