>> DAFTAR ISI [720+ Artikel] <<

Cara Merawat Bayi Prematur

Cara merawat bayi prematur merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari agar bayi dapat tumbuh dengan sehat dan normal. Bayi prematur merupakan bayi yang lahir pada usia kehamilan yang tidak pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh banyak hal. Tentunya penanganan bayi yang lahir secara normal dan premature memerlukan penanganan yang berbeda terutama bayi yang lahir prematur.

Bayi premature memerlukan perawatan yang lebih intensif untuk mengejar ketertinggalannya. Bagaimanapun juga, bayi premature merupakan karunia dari tuhan yang perlu kita rawat dan pertahankan.

Bagaimana cara merawat bayi prematur yang tepat ?

Bayi prematur umumnya akan mendapatkan perawatan dari ahli medis secara khusus dan ditempatkan di dalam NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Bayi ditempatkan disana dari setelah melewati proses kelahiran sampai sang bayi mampu mengejar keterlambatan dalam perkembangannya. Ketika sang bayi sudah melewati masa masa prematurnya atau sang bayi sudah mampu melakukan hal hal yang distandarkan dokter atau petugas medis maka bayi ini sudah boleh di bawa pulang oleh keluarga.

Penanganan dalam NICU hanya merupakan penanganan awal untuk bayi premature yang selanjutnya memerlukan perawatan khusus oleh orang tuanya. Hal ini mencakup tentang tempat tinggal bayi (kamar dan tempat tidur), suhu kamar bayi, nutrisi dan makanan bayi dan lain sebagainya. Lingkungan bayi premature haruslah seperti saat didalam rahim.Cara Merawat Bayi Prematur

Cara Merawat Bayi PrematurCara Merawat Bayi Prematur

Berikut adalah tips cara merawat bayi prematur yang benar. Seperti yang telah dibahas diatas bahwa bayi prematur merupakan bayi yang memerlukan penanganan khusus karena masa kelahirannya yang terlalu cepat dan belum siap lahir sepenuhnya. Namun kondisi ini bukanlah halangan bagi bayi untuk tetap tumbuh sehat dan normal.

Dalam merawat bayi prematur, ada beberapa hal yang sangatlah penting untuk orang tua sang bayi perhatikan. Yang pertama adalah kondisi tempat tinggal bayi. Kamar dan tempat tidur bayi haruslah bersih, steril, nyaman, aman dan hangat seperti kondisi di dalam Rahim. Hal ini sangat penting demi kesehatan bayi karena bayi prematur sangat rentan dengan infeksi dan juga penyakit dikarenakan oleh imun bayi yang belum sempurna, serta jauhkan bayi dari asap rokok, debu dan bahan kimia berbahaya.

Yang kedua adalah pemberian suhu kamar bayi. Suhu kamar bayi harus berkisar antara 26 hingga 27 derajat celcius. Hal ini dimaksudkan agar suhu tubuh bayi tetap stabil. Yang ketiga adalah program ASI eksklusif pada bayi agar berat badan bayi meningkat dan daya tubuh si kecil juga meningkat. Yang ketiga adalah bayi harus selalu dalam kontrol dokter. Control dari dokter tetaplah diperlukan setelah bayi keluar dari rumah sakit agar kesehatan bayi selalu dapat dipantau. Hal hal diatas merupakan sebagian dari cara merawat bayi premature.