Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Cara Merawat Anak yang Terkena Cacar Air

Anda memiliki anak yang terkena cacar air? Dan anda bingung bagaimana cara merawat anak yang terkenal cacar air? Anda tidak perlu khawatir, anda hanya perlu menyimak saja dan anda sudah bisa mengetahui bagaimana caranya merawat anak anda yang sedang terkena cacar air.

Perlu anda ketahui, cacar air merupakan penyakit yang sangat menular yang diakibatkan dari virus yang masih sekelompok dengan herpes. Biasanya anak yang terkena penyakit cacar air ini, akan mengalami flu ringan, demam, sakit kepala, mual, sampai kehilangan nafsu makan.

Setelah gejala terebut muncul, 2 sampai 3 hari berikutnya akan muncul ruam kemerahan yang artinya cacar sudah mulai muncul di tubuh anak anda. Dimulai dari wajah, dada, perut bahkan hingga alat kelaminnya pun bisa terdapat ruam cacar air ini.

Merawat Anak yang Terkena Cacar Air

Beberapa Cara Merawat Anak yang Terkena Cacar Air

Adapun cara merawat anak yang terkena cacar air, bisa anda lakukan dengan cara cara di bawah ini.

  • Berilah parasetamol untuk menurunkan panas anak anda. Tentu dengan dosis yang pas untuk usia anak anda, anda bisa bertanya kepada apoteker yang bertugas ketika anda membelinya. Apabila anak anda alergi dengan parasetamol, anda bisa memberinya ibuprofen ini berfungsi sama dengan parasetamol untuk menurutkan panas pada anak anda.
  • Berikanlah cairan yang cukup untuk anak anda, jangan sampai anak anda dehidrasi pada saat terkena cacar air.
  • Pakaikanlah lotion untuk anak anda yang terkena cacar air. Lotion ini akan membantu meringankan gatal di tubuh anak anda yang disebabkan dari ruam cacar airnya.
  • Jagalah anak anda untuk jangan menggaruk ruam cacar airnya. Apabila ruam tersebut digaruk maka bukan tidak mungkin ruam tersebut justru akan menjadi infeksi.
  • Pakaikan anak anda pakaian yang longgar dan berbahan dasar katun. Hal ini dimaksudkan agar gatal di tubuhnya tidak begitu terasa karena timbulnya keringat.
  • Gunakanlah sabun antiseptik pada saat memandikan anak anda. Hal ini disebabkan karena sabun antiseptik akan membantu meringankan dan menghilangkan gatal yang diakibatkan dari ruam cacar air di tubuh anak anda tersebut.

Merawat Anak yang Terkena Cacar Air 2

Anda bisa melakukan beberapa point di atas untuk merawat anak anda yang sedang terkena cacar air. Pastikan anda membawa anak anda ke dokter terlebih dahulu ketika anda mengetahui anak anda terkena cacar air dari gejala gejala awal yang ditimbulkan dari penyakit ini.

Jangan sampai terlambat membawanya ke dokter. Apabila anda terlambat membawanya ke dokter, penyakit cacar air ini justru akan menjadi penyakit yang jauh lebih berbahaya yang tidak terbayangkan oleh anda.

Untuk itu, sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter untuk dapat diberikan solusinya dan diberikan obat yang sesuai agar anak anda bisa beraktivitas normal kembali. demikianlah pembahasan mengenai cara merawat anak yang terkena cacar air.