Cara Menyusui Bayi yang Baik / Nyaman

Cara menyusui bayi menjadi hal yang penting untuk di mengerti oleh para ibu. Menyusui bayi merupakan tugas penting ibu dalam memberikan asupan gizi yang sempurna untuk bayi tercinta. Maka, penting bagi para ibu untuk mengetahui, mengerti dan melakukannya secara benar. Ini merupakan bagian dari pelajaran dasar bagi seorang ibu.

Memberikan ASI yang eksklusif dan membuat bayi tumbuh dengan baik juga termasuk dalam menyusui bayi secara benar. Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah, “Bagaimana menyusui baik dengan baik dan benar?”. Kami akan membantu anda untuk lebih jauh mempelajari bagaimana menyusui bayi dengan beberapa metode dari pakar kesehatan yang sudah menguji coba serta aman bagi buah hati anda.

Cara Menyusui Bayi dan Langkah-langkahnya :

Langkah pertama yang ibu harus lakukan adalah menyusui buah hati anda setelah proses melahirkan selesai. Bayi sangat membutuhkan gizi untuk prima terhadap lingkungan barunya. Usahakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyusui buah hati anda. Ini adalah bentuk pencegahan terhadap kuman yang tak terlihat dan bagian dari cara menyusui bayi dengan benar.Cara Menyusui BayiCara Menyusui Bayi

Cara Menyusui BayiCara Menyusui Bayi

Pastikan bayi anda melekatkan pada puting anda secara benar. Jika tidak, ini akan menimbulkan lecet dan pemberian asi pun tidak akan maksimal. Untuk mempermudah bayi dalam menemukan puting anda, anda bisa memerah sedikit kolostrum atau asi dan mengoleskannya di sekitar puting susu. Cari posisi anda yang paling nyaman. Anda bisa duduk atau tiduran, sebisa mungkin anda dapat releks.

Bayi yang hendak menyusui ibunya di letakan menghadap ke ibu. Disini, anda harus ekstra hati-hati ketika menggendongnya. Perut bayi diusahakan menghadap perut sang ibu. Cara menyusui bayi ini akan mempermudah ibu dan buah hati anda dalam proses menyusui. Tempelkan dagu buah hati ke payudara anda.

Telinga dan lengan bayi berada  dalam satu garis yang sama. Dan mulut bayi terbuka lebar menutupi ligkar puting susu anda. Jika bayi tidak jua membuka mulutnya, tempelkan puting anda ke pipi bayi. Dengan sendirinya, ia akan membuka mulut dan mulai menyusui. Anda bisa pindahkan ke payudara lainnya jika asi sudah habis.

Lecet pada put1ng susu ibu menjadi masalah yang paling sering terjadi. Ini menjadi mimpi buruk bagi para ibu saat menyusui anaknya. Beberapa ibu modern bahkan tidak memberikan asi eksklusifnya secara langsung karena di khawatirkan akan melukai puting susu mereka. Ini sangat ironis sekali. Padahal seperti yang kita ketahui bersama bahwa menyusui bayi adalah suatu anugrah tuhan bagi para ibu.

Beberapa dokter menyarankan untuk para ibu tetap menyusui anaknya secara benar. Lecet yang terjadi pada puting susu ibu terjadi karena posisi bayi yang tidak sesuai sehingga bayi secara refleks melukai puting susu. Jadi perlu diperhatikan kembali cara menyusui bayi anda.