Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Cara Menyapih Bayi yang Tepat

Cara menyapih bayi merupakan cara yang tepat bagi orangtua yang tidak dapat memberikan ASI-nya kepada bayi mereka. Sang ibu yang tidak dapat memberikan ASI kepada bayinya dapat diakibatkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang menjadi alasan mengapa bayi harus minum susu yang berasal dari luar adalah kesibukan ibu dalam bekerja.

Jika sang ibu merupakan wanita karir dan tidak dapat menyempatkan waktu untuk memompa susu mereka, pemakaian susu formula merupakan jalan yang paling baik yang dapat mereka lakukan. Selain dapat menghemat waktu, sang ibu juga tidak perlu repot-repot menyimpan ASI ke dalam lemari pendingin. Dalam menyapih bayi ada sang ibu harus memperhatikan hal berikut.

Waktu dan Cara Menyapih Bayi yang Tepat

Cara menyapih bayi yang tepat adalah dengan memberikan susu yang cocok bagi bayi. Jika bayi mendapatkan susu yang tidak cocok, bayi akan mengalami diare. Jika diare ini berlangsung lama, tubuh bayi akan lemas dan kurang nafsu makan. Jika keadaan ini berlangsung secara terus menerus, bayi akan mengalami dehidrasi dan kelaparan.

Kondisi yang seperti ini akan menimbulkan akibat yang tidak diinginkan. Orangtua dapat memilih susu formula yang mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dan pilih pula susu formula yang mengandung bakteri baik yang berguna bagi sistem pencernaan mereka. Dengan memilih susu yang tepat, para orangtua tidak perlu mencemaskan hal yang tidak baik.Cara Menyapih Bayi

 

Bayi yang akan disapih seharusnya tidak diberikan susu formula pada waktu yang salah. Orangtua harus paham kapan sang anak dapat diberikan susu formula. Jangan karena tidak ingin menyusui, orangtua sengaja memberikan susu formula kepada anaknya. Padahal jika para orangtua mengetahui dengan pasti manfaat dari ASI, mereka tidak akan memberikan susu formula kepada anaknya.

Para ibu harus tahu cara menyapih bayi dan kapan waktunya bayi diberikan susu formula. Waktu yang paling tepat untuk menyapih bayi adalah pada saat bayi tidak dapat diberikan ASI oleh sang ibu. Jika sang ibu masih sanggup untuk memberikan ASI, ada baiknya jika tidak memberikan susu formula kepada bayi karena ASI lebih baik dibanding susu formula.

Cara Menyapih Bayi

Sang ibu dapat memberikan susu formula dengan kandungan yang setara dengan ASI. Pilihlah susu formulayang kaya akan vitamin dan mineral agar kandungan yang ada susu tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi sang bayi. Jika sang ibu telah mendapatkan susu yang cocok, ibu dapat memberikan susu formula tersebut secara bertahap. Jika bayi mengalami kelainan saat mengkonsumsi susu tersebut, ada baiknya jika ibu menghentikan pemberian susu tersebut. Tetapi jika bayi justru mendapatkan banyak manfaat dari susu tersebut, ibu dapat mengkonsumsinya hingga waktu yang diinginkan. Anda dapat mengikuti cara menyapih bayi tersebut pada bayi Anda jika cara-cara tersebut sesuai dengan minat Anda.