Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

Memiliki anak yang sehat, baik, cerdas dan berbakti kepada orang tua merupakan impian semua orang tua. Jika anda ingin mempunyai anak yang baik, maka anda juga harus menjadi orang tua yang baik. Orang tua adalah sekolah pertama bagi anak, semua yang di ajarkan oleh orang tua akan menjadi contoh bagi anak dalam bertindak. Oleh karena itu, orang tua wajib memberikan contoh – contoh yang baik, serta menerapkan metode yang tepat dalam pengasuhan.

Menjadi orang tua yang baik di jaman sekarang bukanlah hal yang mudah, karena berkembangnya teknologi serta perkembangan zaman membuat orang tua agak susah dalam mengontrol pergaulan anaknya.

Menjadi Orang Tua yang Baik

Berikut tips menjadi orang tua yang baik:

  1. GEMS (Genuine Encounter Moments)

Metode ini memprioritaskan kualitas waktu yang di habiskan bersama anak dari pada kuantitas. Contoh nyata waktu yang berkualitas adalah ketika orang tua dan anak yang sedang mengobrol secara langsung ketika waktu santai sepulang orang tua kerja lebih berharga dari pada liburan berhari – hari bersama namun sang anak sibuk dengan gadgetnya.

  1. Utamakan perbuatan daripada kata

riset menunjukan bahwa dalam 24 jam, orang tua memberikan 2000 perinytah keada anaknya. Anak merupakan mesin peniru orang tuanya, maka gunakan cara memerintah dengan baik yaitu dengan memberikan contoh perbuatan. Sebagai contoh ketika sepulang menjemput anak sekolah, ibu meletakkan sepatu pada raknya, secara tidak langsung anak pasti akan mengikuti apa yang ibu lakukan tanpa perlu disuruh.

  1. Gunakan Natural Consequences

Orang tua yang baik adalah orang tua yang akan mengatakan salah ketika anaknya memang bersalah. Natural consequences berarti membiarkan anak menanggung akibat dari perbuatan yang dia lakukan. Contoh : ketika anak lupa untuk membawa buku pelajaran ke sekolah,  orang tua tidak perlu mengantarkan buku tersebut kesekolah. Dengan cara ini anak akan tahu pentingnya mengingat serta disiplin.

  1. Biarkan anak merasa kuat

Tips menjadi orang tua yag baik selanjutnya adalah memberikan kekuatan kepada anak untuk memilih sesuatu, membuat keputusan dan sebagainya. Memberikan anak anda kekuatan untuk memilih bukan berarti anda tidak mempunyai kontrol terhadap anak anda. Anda dapat memberikan arahan atau peringatan ketika pilihannnya salah. Contohnya : memberikan pilihan kepada anak untuk menentukan menu makanan bekal yang akan dia bawa.

  1. Jadilah orang tua yang konsisten

Jika anda ingin menjadi orang tua yang baik maka anda harus bersikap konsisten terhadap apa yang anda katakan dan apa yang anda lakukan. Jika anda tidak bisa membelikan mainan saat pergi jalan – jalan, maka orang tua tidak perlu menjanjikan untuk membeli mainan kepada anak.

Menjadi Orang Tua yang Baik

Demikian tips menjadi orang tua yang baik, tidak ada mata pelajaran atau mata kuliah cara menjadi oranf tua yang baik, semua itu naluri dan insting yang bisa dipelajari secara otodidak, semoga bermanfaat.