Cara Menidurkan Bayi Dengan Mudah

Cara menidurkan bayi kadang kala menjadi masalah yang sangat krusial pada setiap ibu di seluruh dunia. Banyak sekali ibu-ibu yang secara instan menidurkan anaknya dengan cara memberinya susu atau lainnya, akan tetapi hal ini tidak boleh berlangsung lama. Terkadang, kita harus memberikan ia pelajaran untuk lebih mengenal dirinya dan belajar untuk tidak bergantung kepada orang lain.

Bagaimana caranya kita mengajarkan hal tersebut pada seorang bayi? Ya, ini bisa dilakukan asalkan anda berkonsentrasi penuh dan menjaga hubungan secara intens dengan bayi anda. Untuk mengajarkan bayi agar ‘mandiri’ memang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil, kok. Memandirikan bayi dapat dimulai dengan kebiasaan-kebiasaan ibu dalam menidurkan anak tercintanya.


Cara Menidurkan Bayi Yang Paling Ampuh

Menidurkan bayi untuk yang pertama kali anda lakukan adalah mengelus-elus tubuh bayi dengan lembut. Hal ini dapat dilakukan sembari memberikan asi atau susu kepada mereka. Ini adalah cara menidurkan bayi yang cukup populer di kalangan para ibu. Namun, sebaiknya cara ini ditinggalkan. Cara seperti itu membuat bayi akhirnya tidak dapat belajar apapun dari lingkungan maupun mengenal dirinya sendiri.Cara Menidurkan Bayi

Cara Menidurkan Bayicara mengatasi sembelit pada bayi

Menurut Richard Ferber, menidurkan anak dapat dengan cara membiarkan mereka menangis. Biasanya, bayi yang mengantuk atau hendak tidur sering menangis. Ketika hal ini terjadi maka biarkan mereka menangis selama 5 menit. Kemudian anda mengelus-elus lembut tubuh mereka dan bernyanyi lembut. Pada hari berikutnya, bisa ditambah waktunya menjadi 10 menit sehingga dia dapat belajar mengenal dirinya

Berikutnya adalah metode no cry. Dalam metode ini menekankan hubungan antara ibu dan sang bayi. Dengan kata lain, ibu harus terus menjaga jaraknya dengan bayi secara intens. Cara menidurkan bayi ini cukup efektif untuk menghindari bayi terbangun pada malam hari dan menangis.

Dengan terus berada di dekat sang bayi dan mengelus-elusnya lembut, bayi akan merasa nyaman dan langsung tertidur kembali jika ia terbangun. Dalam situasi ini, ibu dituntut untuk terus berada di samping bayi yang artinya harus tidur bersama sang bayi. Perlu diperhatikan ketika anda tidur bersama bayi, pastikan anda dapat menjaga jarak sehingga resiko bayi tertindih anda hilang.

Metode yang terakhir adalah self soothing. Cara ini sangat efektif untuk membiasakan anak anda tidur sendiri. Metode ini sangat populer di Negara barat. Kali ini anda akan menidurkan mereka dengan cara membiasakan mereka untuk tidur dengan sendirinya.

Untuk mendukung metode ini, anda dapat mengadakan ritual rutin dengan memandikannya dgn air hangat, meredupkan lampu, serta membacakan buku cerita untuk bayi anda. Ulangi cara ini seminggu penuh agar bayi dapat terbiasa dan belajar.

Jika sudah terbiasa, anda bisa menghilang bagian membaca bukunya dan menggantinya dengan alunan musik klasik lembut penghantar tidurnya sebagai pengganti anda dari cara menidurkan bayi.


TAGs: foto bayi, gambar bayi, cara menidurkan bayi, foto ibu mentidurkan bayi, poto bayi

Scroll Up