DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Cara Mengubah Word ke PDF dengan Cepat dan Mudah

Dokumen yang biasanya dibuat biasanya disimpan dalam format .doc, .docx, dan format lain yang sejenis. Terkadang, format dokumen word ini harus diubah ke dalam bentuk PDF.

Keuntungan dilakukannya convert ini adalah untuk mengeset dokumen word agar tidak berubah settingannya ketika dibuka di komputer lain (misal di tempat fotokopi dan print yang memiliki versi aplikasi Ms. Word yang berbeda).

Dokumen yang diubah ke format PDF juga akan lebih aman karena tidak dapat diedit secara langsung. Bahkan kita dapat melakukan proteksi terhadap dokumen yang sifatnya penting dan rahasia dengan memberikan security code pada dokumen PDF.

Tips ini penting untuk pelajar, mahasiswa, pengajar dan pekerja kantoran bagian admin bilamana menemukan sebuah referensi dalam bentuk pdf namun ingin di copypaste dibuat versi wordnya ataupun sebailknya.Cara Mengubah Word ke Pdf Secara Online Offline di Android Cara Mengubah Word ke Pdf Secara Online Offline di Android Cara Mengubah Word ke Pdf Secara Online Offline di Android

Kemudian, bagaimana caranya mengubah dokumen word ke PDF? Berikut bisa disimak tutorialnya.

  1. Cara Mengubah Word ke Pdf Secara Online

Dalam mengubah dokumen yang berbentuk Ms. Word menjadi PDF dapat dilakukan secara online. Kita dapat memanfaatkan aplikasi pengedit dokumen milik Google, yaitu Google Docs. Langkah awal adalah buka situs http://docs.google.com dan login menggunakan akun Google milik Anda.

Setelah itu, buka dokumen yang ingin diubah ke dalam PDF menggunakan Google Docs dengan cara upload dokumen tersebut. Klik “File”, kemudian “Download as…” pilih dokumen dengan format “.pdf”. Simpan dokumen dengan nama yang diinginkan serta lokasi dokumen penyimpanan, klik “Save”.

  1. Cara Mengubah Word ke Pdf Secara Offline

Untuk mengubah dokumen word ke PDF secara offline, kita dapat memanfaatkan aplikasi Microsoft Word. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membuka file Ms. Word yang ingin diubah. Setelah dokumen terbuka, maka klik “File” kemudian “Save As”. Beri nama dokumen, setelah itu pada bagian “Save as Type” pilih “PDF”, klik Save. File PDF sudah siap untuk digunakan.

  1. Cara Mengubah Word ke Pdf di Android

Cara pertama dan kedua sudah umum digunakan bila kita ingin mengedit dokumen melalui PC atau laptop. Lalu, bagaimana jika dalam keadaan darurat, kita harus mengubah format penyimpanan dokumen namun tidak membawa laptop? Anda dapat memanfaatkan gadget Android untuk dapat mengubah dokumen Word ke format PDF.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendownload aplikasi “Word to PDF” yang ada di Google PlayStore. Setelah itu, install aplikasi tersebut di gadget milik Anda. Masukkan file yang ingin diubah formatnya dengan klik “Select File”.

Proses mengubah format penyimpanan akan otomatis berjalan sehingga Anda hanya perlu menunggu sebentar. Jika muncul preview dari file word yang telah diubah menjadi PDF, itu artinya file word sudah berhasil diubah ke bentuk PDF.

Agar dapat mengubah word ke pdf di Android, Anda tetap harus terhubung dengan koneksi internet untuk mendownload aplikasi bantuan. Kecuali jika Anda sudah memiliki aplikasi bawaan tersebut terlebih dahulu.