Cara Mengobati Sakit Gusi Bengkak

Ketika gusi bengkak memang sangat menyiksa. Banyak orang yang mengeluh karena tidak merasa nyaman ketika gusi bengkak. Saat ini banyak produk yang dijual dipasar untuk mengatasi gigi bengkak. Akan tetapi anda harus mengerti karena tidak semua produk yang ada di pasaran aman untuk digunakan.

Ada baiknya anda menggunakan cara mengobati sakit gusi bengkak secara alami karena lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang bahaya. Sebelum mengetahui cara mengobati sakit gusi bengkak ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.


  1. Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut adalah hal yang utama dan harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan mulut dan juga mengatasi gusi yang bengkak. Ketika anda makan, maka sisa makanan yang anda makan akan melengket pada sela-sela gigi dan gusi yang dapat memberikan resiko adanya bakteri, bakteri tersebut menjadi salah satu penyebab dari gusi bengkak. Banyak yang menganggap rajin menyikat gigi akan menjamin kebersihan mulut. Akan tetapi anda harus tetap memperhatikan hal-hal seperti kebersihan wilayah mulut dan lidah.

Cara Mengobati Sakit Gusi Bengkak

  1. Kawat Gigi atau Behel

Ketika anda memakai behel atau kawat gigi juga merupakan salah satu penyebab terjadinya gusi bengkak. Karena jika memasang behel atau kawat sangat rapat dengan gusi akan memberikan tekanan sehingga membuat gusi bengkak dan bahkan dapat menyebabkan iritasi.

  1. Makanan yang Tidak Sehat

Penyebab gusi bengkak lainnya adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, karena dapat mempengaruhi kesehatan dan pembengkakan gusi. Maka dari itu makanan yang mengandung banyak gula adalah makanan yang harus dihindari.

Cara Mengobati Sakit Gusi Bengkak

  1. Kekurangan Vitamin

Gusi bengkak dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C.

  1. Masa Kehamilan

Masa kehamilan adalah masa yang sangat berpotensi dapat merusak gigi dan terjadinya pembengkakan gusi. Hal ini terjadi karena ibu hamil mengalami kekurangan kandungan gizi yang harus dibagi dengan janin yang ada di kandungnanya.

Cara Mengobati Sakit Gusi Bengkak

  1. Menggunakan Garam

Cara mengobati sakit gusi bengkak dapat menggunakan garam. Bahan makanan yang satu ini memang merupakan bahan yang umum untuk menyembuhkan gusi bengkak. Anda cukup menggunakan satu sendok teh garam lalu mencampurnya dengan air hangat. Aduklah hingga rata dan kemudian gunakan untuk berkumur.

  1. Minyak Cengkeh

Cara kedua yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli untuk menyembuhkan gusi yang bengkak. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali sehari.

  1. Gunakan Madu

Madu dapat digunakan untuk mengobati bengkak pada gusi. Madu mengandung zat yang dapat membuat pembengkakan menjadi reda. Cukup dengan mengoleskan madu tersebut ke bagian gusi yang bengkak.

  1. Bawang Merah

Cara yang satu ini yaitu dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah juga memiliki kandungan zat yang dapat meredakan pembengkakan. Anda cuma perlu melembutkan bawang merah kemudian oleskan pada gusi yang sakit.

  1. Menggunakan Lemon dan Air Hangat

Lemon dan air hangat cukup ampuh untuk mengobati pembengkakan pada gusi. Anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, peras dan campurkan ke dalam ½ gelas air hangat. Gunakan untuk kumur-kumur.

  1. Banyak Minum Air Putih

Banyaklah minum air putih untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda dapat mengganti fungsi air liur yang berkurang dengan air putih.

  1. Kurangi Stress

Kesehatan gigi dan gusi sangat dipengaruhi oleh stress pada diri anda. Maka dari itu hindari stress dan carilah waktu untuk refreshing.

Itulah 7 cara mengobati sakit gusi bengkak yang dapat anda lakukan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.