Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Cara Mengobati Perut Kembung Secara Alami

Perut kembung merupakan kondisi ketika perut anda terasa penuh dan kencang. Selain itu perut kembung juga terlihat membesar. Hal ini dapat membuat kita merasa tidak nyaman. Kondisi ini dapat disertai dengan gejala kentut secara berlebihan, perut terasa bergejolak dan bersendawa.

Perut kembung biasanya disebabkan karena makanan dan minuman. Di bawah ini yaitu beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung.

Menalan udara

Udara yang masuk ke tubuh kemudian dikeluarkan lagi melalui sendawa dan kentut. Kedua cara ini merupakan reaksi normal yang disebabkan bahwa keberadaan udara yang berlebih di dalam sistem pencernaan. Anda dapat menelan udara terlalu banyak jika:

cara mengobati perut kembung

  • Makan terlalu cepat
  • Bicara sambil makan
  • Minum terlalu cepat
  • Mengisap permen yang keras
  • Mengunyak permen karet
  • Merokok
  • Minum minuman bersoda

Penyakit asam lambung juga dapat menyebabkan tubuh menelan banyak udara. Ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Anda akan menelan lebih banyak udara dan sering bersendawa. Banyaknya udara di dalam perut inilah yang dapat menyebabkan terjadinya perut kembung.

Makanan dan minuman

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat menyebabkan terjadinya perut kembung. Untuk menghindarinya, sebaiknya anda hindari atau kurangi konsumsi makanan yang menghasilkan banyak gas. Berikut ini adalah makanan dan minuman yang banyak menyebabkan perut kembung.

  • Makanan yang berlemak dan digoreng
  • Sayuran: kol asparagus, kacang-kacangan, brokoli, biji-bijian utuh, bawang bombai, kentang, parika hijau, kembang kol.
  • Minuman bersoda seperti bir dan kola
  • Gula dan pemanis buatan
  • Makanan kemasan yang mengandung laktosa seperti seral dan roti
  • Buah-buahan: apel, pir, pisang dan melon
  • Susu dan produk olahan susu pada orang yang bermasalah dalam mengkonsumsi laktosa.

Jumlah gas yang dihasilan dari berbagai makanan sangat berbeda antara orang satu dengan lainnya. Perut kembung akibat makanan dan minuman merupakan hal normal dan bisa dicegah dengan mengatur pola makan.

cara mengobati perut kembung, tips mengobati perut kembung

Cara mengobati perut kembung secara alami

Jika anda mengetahui penyebabnya seperti yang dijelaskan di atas, anda dapat mengatasinya dengan tips mengobati perut kembung secara alami sebagai berikut:

  1. Pengobatan luar

Pengobatan luar ini maksudnya yaitu dengan mengoleskan obat/minyak yang dapat memberikan efek hangat pada bagian pertu/lambung seperti minya tawon, minyak kayu putih, balsam dan sejenisnya.

  1. Mengkonsumsi obat alami

Yaitu upaya yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman herbal sebagai obat tradisional. Fungsi herbal ini adalah untuk merangsang keluarnya gas dari saluran pencernaan.

Obat Tradisional Perut Kembung

Beberapa obat yang dapat dijadikan referensi di bawah ini adalah:

  1. Minum jahe
  2. Temu putih
  3. Adas sowa
  4. Kembang merak
  5. Kayu manis
  6. Kapulaga
  7. Pacar cina

Biasanya setelah anda mengkonsumsi obat-obatan tradisional tersebut, penderita perut kembung amat disarankan untuk beristirahat di lingkungan yang hangat (berselimut) dengan posisi miring sebelah kanan.

Perut kembung yang tidak disertai dengan penyakit lainnya, pada umumnya akan lebih cepat reda ketika penderita telah mengeluarkan gas dalam saluran cerna, baik kentut maupun sendawa melalui kerongkongan.

cara mengobati perut kembung, tips mengobati perut kembung

Itulah beberapa informasi seputar tips mengobati perut kembung secara alami. Dan tentunya masih banyak lagi cara dan obat tradisional lainnya yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengobati perut kembung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel dan tulisan selanjutnya. Jika anda merasa informasi ini bernilai fositif anda dapat membaginya ke rekan dan keluarga anda.