Cara Mengobati Masuk Angin Dengan Cepat

Mengobati masuk angin sebetulnya mudah namun jika tidak tahu caranya akan membuat bingung dan mau berbuat apa. Masuk angin sangat rentan di derita oleh banyak orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau bagi orang yang mengidap gangguan tekanan darah rendah. Dengan demikian diperlukan sebuah cara yang baik agar penyakit ini tidak mengganggu aktifitas anda.

Gejala masuk angin sering timbul yaitu tubuh merasa meriang dan panas dingin, perut terasa kembung, kepala pusing, mual dan masih banyak lagi. Bagi mereka yang mengalami tekanan darah rendah biasanya tidak tahan akan udara dingin.


Penyebab masuk angin biasanya seperti telat makan, sehingga perut menjadi kosong dan terisi dahulu oleh angin yang membuat perut terasa penuh dan kembung oleh angin sehingga rasa mual namun sulit untuk dimuntahkan. Penyebab lain seperti cuaca dan lain-lain.

cara mengobati masuk angin 2

Lalu, bagaimana cara mengobati masuk angin dengan cepat ? sebelumnya masuk angin dapat anda antisipasi atau tanggulangi dengan melakukan:

Makan secara teratur

Dengan makan secara teratur dan minum vitamin atau suplemen sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena masuk angin.

Gunakan jaket tebal saat berpergian

Ketika anda berpergian apalagi ketika cuaca musim hujan sebaiknya memakai jaket yang tebal untuk mengantisipasi angin masuk ke dalam tubuh anda, menggunakan jaket sangat penting untuk anda yang berpergian menggunakan kendaraan motor.

Hindari minuman dan makanan dingin

Menghindari minuman dingin adalah salah satu cara tepat menghindari terjadinya masuk angin.

cara mengobati masuk angin 2

Untuk cara mengobati masuk angin dengan cepat dan alami anda perlu menyiapkan beberapa bahan alami berupa:

  1. Jahe

Jahe memiliki sifat untuk menghangatkan tubuh sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi terjadinya masuk angin. Caranya yaitu dengan mengambil 2 buah jahe sebesar dua ibu jari lalu dihaluskan dan dicampurkan ke dalam air hangat, dapat langsung diminum. Jika diminum langsung terasa tidak enak maka tambahkan gula merah atau madu.

  1. Ubi merah

Cara yang dilakukan untuk menjadikan ubi merah sebagai pengobat masuk angin adalah dengan menyiapkan satu buah ubi merah lalu kupas dan cuci sampai bersih, rebuslah bersama rempah-rempah lain seperti jahe merah, 8 butir merica dan gula merah, 8 butir kapulaga, 4 butir cengkeh, 1 ibu jari kayu manis, dan rebus secara bersamaan lalu minum ketika masih hangat.

  1. Bawang putih

Sudah banyak yang mengetahui kandungan yang ada pada bawang putih yaitu zat allicin yang berfungsi sebagai anti bakteri dalam tubuh, selain itu juga berfungsi sebagai anti jamur yang bermanfaat sekali bagi tubuh manusia. Bawang putih juga merupakan antibiotic alami dan aman dikonsumsi untuk menambah imun tubuh.

  1. Daun papaya

Daun papaya akan terasa pahit jika direbus untuk diminum airnya, meski terasa pahit ternyata daun papaya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan masuk angin, dengan cara merebus beberapa helai daun kemudian minum ketika masih dalam kondisi hangat.

  1. Jeruk

Dengan meminum jus jeruk dapat mengantisipasi masuk angin karena jeruk mengandung kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh ketika cuaca dingin, atau bagi anda yang rentan terhadap masuk angin sangat disarankan mengkonsumsi buah ini.

cara mengobati masuk angin 2

Banyak cara lain untuk mengobati masuk angin seperti menggunakan obat warung yang dijual bebas. Namun cara mengobati masuk angin dengan cepat secara alami ini jauh lebih baik karena tidak ada kandungan kimia di dalamnya. Semoga bermanfaat.

TAGs: masuk angin, Tanda2 melahirkan bayi, cara mengobati masuk angin dgn cpat, foto masuk angin, obat warung panas dingin karna msuk angin