DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Cara Mengobati Luka di Dalam Mulut dengan Metode Tepat

Luka di dalam mulut atau yang lebih dikenal dengan nama sariawan sering dialami karena mengonsumsi makanan berminyak serta berlemak yang tidak terkontrol, stress, efek konsumsi obat tertentu atau bahkan karena mulut sedang dalam kondisi yang tidak bersih. Cara mengobati luka di dalam mulut dengan langkah yang tidak tepat justru akan membuat luka semakin melebar atau bahkan terjadi peradangan. Sebab itu, lakukan tips mengobati luka di dalam mulut secara tepat berikut ini.

Cara mengobati luka di dalam mulut paling cepat dan tepat

Alih-alih dapat mengobati luka, obat penyembuh luka mulut atau sariawan yang terlalu tinggi mengandung zat kimia justru akan membuat luka lebih parah. Berikut ini beberapa cara mengobati sariawan atau luka di dalam mulut dengan bahan alami:

  1. Dengan olesan baking soda

Kandungan asam yang terdapat pada baking soda ternyata dapat secara ampuh digunakan untuk menyembuhkan sariawan pada mulut bahkan yang sudah dalam dan melebar. Cara membuat olesan baking soda sangat mudah yaitu hanya dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi seperti balsam.

Setelah itu, oleskan pada permukaan luka atau sariawan dan diamkan selama 15-20 menit. Usahakan jangan mengonsumsi apapun dan setelah 20 menit segera bilas dengan air. Untuk kesembuhan yang lebih cepat lakukan tiga kali dalam sehari.Cara Mengobati Luka di Dalam Mulut Cara Mengobati Luka di Dalam Mulut Cara Mengobati Luka di Dalam mulut rongga kerongkongan Mulut

  1. Menggunakan bawang

Bawang tidak hanya dapat dijadikan bumbu masakan atau makanan saja namun juga dapat dijadikan sebagai obat sariawan. Hal ini disebabkan oleh kandungan enzim di dalamnya dapat secara efektif menghentikan pergerakan bakteri pada luka sariawan dan membuat luka tersebut menjadi cepat mengering atau cepat sembuh.

Caranya sangat mudah yakni dengan mengoleskan parutan atau tumbukan bawang putih mentah pada luka sariawan dan membiarkan selama beberapa menit.

  1. Dengan teh celup

Jangan terburu-buru untuk membuang bekas teh celup Anda yang sudah diseduh karena ternyata teh celup yang sudah digunakan tersebut dapat dijadikan sebagai obat sariawan atau luka di dalam mulut.

Kandungan renin pada teh celup dapat seara efektif digunakan sebagai penangkal dan penyembuh radang termasuk radang yang terjadi pada luka di permukaan mulut atau yang sering disebut sariawan. Cara mengobati sariawan dengan teh celup sederhana sekali yakni dengan menyimpan dahulu teh celup ke dalam kulkas selama beberapa jam lalu keluarkan dan tempelkan pada luka sariawan. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

  1. Berkumur dengan obat kumur

Setelah melakukan beberapa cara alami di atas, Anda juga wajib mencoba untuk berkumur dengan obat kumur yang rendah bahan kimia untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit pada luka atau sariawan pada permukaan mulut.

  1. Mengunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bebas kandungan gula atau sugar free juga dapat dijadikan sebagai alternatif cara mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan sariawan.

Cara mengobati luka di dalam mulut di atas sangatlah tepat dan jitu untuk segera dilakukan bagi Anda yang sedang menderita luka di dalam mulut atau sariawan apalagi luka yang cukup lebar.