DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami & Pengobatan Medis

Cara mengobati gusi bengkak secara alami maupun dengan obat medis ada banyak sekali, baik secara alami maupun secara medis dengan obat-obatan. Gusi bengkak itu sendiri biasanya disebut dengan istilah gingvitis atau infeksi pada gusi. Hal ini akan diperparah dengan bakteri yang mengancam kesehatan, seperti munculnya nanah dan bau mulut. Untuk itu harus segera diobati. Beberapa cara berikut bisa dilakukan.

7 Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Cara mengobati gusi bengkak akibat gigi berlubang secara alami adalah sebagai berikut:

  1. Larutan air lemon

Lemon memiliki khasiat untuk membantu meredakan infeksi pada gusi bengkak. Caranya adalah dengan menjadikan air perasan lemon sebagai obat kumur, yaitu dengan mencampurkan segelas air bersih dan setengah buah lemon. Berkumurlah dengan campuran itu sebanyak 3 kali sehari.Cara mengobati gusi bengkak secara alami Cara mengobati gusi bengkak secara alami Cara mengobati gusi bengkak secara alami

  1. Larutan air garam

Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengusir bakteri pada mulut. Hal ini tentu dapat membantu menyembuhkan gusi berdarah. Caranya adalah dengan mencampurkan garam pada air hingga tercipta larutan garam. Larutan garam tersebut bisa digunakan untuk berkumur selama 3 kali sehari. Air garam juga efektif untuk menyembuhkan sakit gigi.

  1. Lada hitam dan minyak cengkeh

Dua bahan alami ini dapat membantu mengobati gusi bengkak. Caranya adalah dengan mencampurkan lada hitam dengan minyak cengkeh dan mengoleskan ramuan tersebut pada area gusi yang bengkak.

  1. Asam jawa

Asam jawa bisa membantu mengatasi gusi bengkak. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa di penggorengan tanpa minyak. Tumbuk biji tersebut dan oleskan pada area gusi yang bengkak.

  1. Daun sirih

Sama seperti garam, daun sirih ini juga mengandung zat antibakteri yang bisa bermanfaat sebagai antiseptik alami. Siapkan 7 lembar daun sirih. Tambahkan kunyit dan garam secukupnya. Rebus semua bahan dengan air hingga mendidih. Air rebusan tersebut bisa diminum atau dijadikan obat kumur.

  1. Larutan baking soda

Soda kue selain bisa memutihkan dan membersihkan gigi ternyata juga mampu mengobati gusi bengkak. Caranya hanya dengan mencampurnya dengan air bersih, lalu menggunakan ramuan tersebut sebagai obat kumur.

  1. Membersihkan gigi secara teratur

Cara alami yang terakhir adalah dengan selalu menjaga kebersihan gigi dan gusi, karena penyebab gusi bengkak yang paling sering terjadi adalah karena kotoran dari bekas makanan yang terjangkit bakteri. Kebersihan gigi bisa didapatkan dengan menggosok gigi setiap hari, membersihkan karang gigi setiap enam bulan sekali, dan menggunakan obat kumur.

3 Cara pengobatan gusi bengkak dengan obat medis

Berikut ini beberapa obat sakit gigi gusi bengkak paling ampuh yang bisa dikonsumsi:

  1. Obat penghilang rasa sakit

Beberapa kasus gusi bengkak juga menimbulkan rasa sakit. Apalagi jika gusi bengkak sudah terinfeksi dengan cukup parah. Maka obat-obatan analgetik bisa dikonsumsi. Beberapa jenis yang dijual di pasaran antara lain metampiron, ibuprofen, paracetamol, atau asam mefenamat.

  1. Antibiotik

Gusi bengkak yang disebabkan oleh bakteri tentu bisa disembuhkan dengan antibiotik. Namun tidak semua jenis antibiotik bisa dikonsumsi. Sebaiknya gunakan resep dokter.

Cara Menghilangkan bau mulut yang Ampuh!!

  1. Anti inflamasi

Jika gusi bengkak terjadi karena radang, beberapa obat yang bisa dikonsumsi adalah obat anti radang, seperti dexametason dan steroid. Namun tetap gunakan resep dokter.

Demikianlah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami /medis, dengan bantuan bahan herbal alami maupun bantuan obat-obatan medis. Ingat selalu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi. Semoga artikel ini bermanfaat.