Cara Menghilangkan Mata Panda yang Efektif, Cepat & Alami

Kantung mata yang kerap disebut mata panda adalah bagian kulit di sekitar mata yang membentuk lingkaran gelap. Bagi sebagian orang kondisi tersebut mungkin bukan persoalan, namun untuk mereka yang memperhatikan penampilan, keberadaan mata panda akan sangat mengganggu, sehingga tidak sedikit mereka yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya operasi kantung mata.

Penyebab timbulnya mata panda pada umumnya disebabkan karena kurang tidur. Selain itu, mata panda juga bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:


  1. Penggunaan make up / tata rias yang terlalu tebal atau berlebihan, jika tidak secepatnya dicuci dapat menjadi penyebab timbulnya mata panda.
  2. Paparan sinar matahari juga bisa memicu munculnya kantung mata, karena tubuh yang terkena sinar matahari akan memproduksi melanin dalam jumlah banyak yang dapat membuat daerah di sekitar mata menjadi berwarna gelap.
  3. Penyebab timbulnya mata panda bisa juga dari faktor penyakit, seperti penyakit ginjal dan anemia.
  4. Namun ada juga mata panda yang didapat dari faktor keturunan, baik dari gen yang diwariskan oleh ayah maupun ibu.

cara menghilangkan mata panda

Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Metode Sederhana

Untuk menghilangkan mata panda sebenarnya tidak perlu harus melalui operasi, karena dengan melakukan perawatan ringan pun, kantung mata bisa dihilangkan, asalkan dilakukan dengan rutin. Bahkan dengan cara-cara tradisional, kantung mata bisa disembuhkan tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Berikut adalah cara menghilangkan mata panda dengan metode sederhana yang bisa Anda coba:

  1. Istirahat Cukup

Karena Penyebab timbulnya mata panda yang paling banyak adalah kurang tidur, maka pengobatan yang paling sederhana adalah dengan beritirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur sekitar 6 – 8 jam dalam sehari. Jika hal tersebut rutin dilakukan, kantung mata akan hilang dengan sendirinya.

  1. Kompres dengan Es Batu

Mengompres daerah di sekitar mata menggunakan es batu dapat meringankan keluhan mata panda. Lakukan pengompresan ini selama kurang lebih 10 menit, dean dalam waktu singkat kantung mata akan tersamarkan.

  1. Kompres dengan Teh Celup

Cara menghilangkan mata panda dapat pula dengan memanfaatkan bekas teh celup. Hal tersebut disebabkan karena teh mengandung zat tannin yaitu senyawa polifenol berasa pahit yang berasal dari tumbuhan  Tannin selain berkhasiat mengembalikan kepadatan dan elastisitas kulit, juga dapat menjaga kulit dari berbagai bentuk serangan bakteri yang dapat merusak sel-sel kulit.

  1. Kompres dengan Kentang

Kentang juga bisa dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata dengan cepat, yakni dengan membersihkan kulit kentang, memblendernya sampai halus, dan membungkusnya dengan kain tipis sebelum digunakan untuk mengompres mata. Manfaat kentang untuk menghilangkan mata panda disebabkan karena kentang mengandung asam fosfat dan asam sitrat yang berfungsi mengurangi peradangan pada kulit.

cara menghilangkan mata panda 2

Demikian sedikit penjelasan tentang penyebab timbulnya mata panda dan cara menghilangkan mata panda tanpa harus mengeluarkan biaya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bila anda menyukai artikel ini, share ke teman Anda.


TAGs: mata panda bisa sembuh gak

Scroll Up