Cara Menghilangkan Kotoran di Mata yang Ampuh

Jika organ mata kemasukan sesuatu pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi area mata adalah area yang paling riskan oleh debu dan kotoran karena tekstur nya yang sangat lembut serta harus terlindungi. Lakukan cara menghilangkan kotoran di mata dengan prosedur yang benar dimana tidak berdampak pada kerusakan mata.

Oleh karena itu, ketika terdapat sebuah benda dengan ukuran kecil atau yang masuk ke dalam mata dan memberikan rasa pedih sangat, jangan sembarangan dalam melakukan pembersihan terhadap kotoran tersebut.

Cara menghilangkan kotoran di mata secara tepat dan akurat

Terdapat beberapa cara mengeluarkan benda asing di mata sesuai prosedur kesehatan mata dan pastinya aman, yaitu:

  1. Kedipkan mata secara cepat

Cara membersihkan mata kelilipan yang sangat efektif adalah dengan mengedipkan mata secara cepat. Kedipan dengan kecepatan tinggi hingga Anda mengeluarkan air mata akan membuat debu atau kotoran halus keluar secara otomatis. Air mata akan menjadi media untuk mengeluarkan debu tersebut.cara menghilangkan kotoran di mata cara menghilangkan kotoran di mata

  1. Menarik kelopak mata

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan penarikan perlahan pada kelopak mata Anda. Pada umumnya, kotoran yang masuk pada mata akan terperangkap pada kelopak mata. Jadi untuk mengeluarkannya, cukup lakukan dengan berkedip-kedip sesaat kemudian tariklah kelopak mata lalu berkedip lagi. Lakukan tahapan ini beberapa kali hingga kotoran atau debu keluar.

  1. Carilah bantuan teman

Apabila tidak cukup tahu secara pasti letak kotoran pada mata Anda dengan bantuan cermin, mintalah kerabat atau teman untuk melihatnya dengan cara tetap menarik kelopak mata. Jika benda sudah ditemukan, mintalah dia untuk mengambilnya secara perlahan dengan kain halus, tisu atau kapas lembab.

  1. Menggunakan kain lembab untuk perangkap kotoran

Jika cara membersihkan debu di mata di atas masih tidak bekerja dengan baik, cobalah menggunakan kain lembab untuk mengeluarkan kotoran atau debu yang menempel pada kornea. Kain yang digunakan haruslah bertekstur lembut mengingat tekstur mata terlebih kornea juga sangatlah lembut. Anda juga dapat menggunakan tisue untuk membersihkannya. Cukup basahi dan peras kain lembut atau tisue dan tekanlah dengan lembut dan hati-hati pada bagian kornea.

  1. Lakukan pembilasan dengan air bersih

Jika benda yang masuk ke dalam mata memiliki ukuran yang besar namun bukan benda tajam, hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya keluar adalah dengan membilas dengan air bersih selama 15 hingga 30 menit. Tempatkan air bersih pada mangkuk besar yang dapat anda gunakan untuk membilas mata Anda.

  1. Segera kunjungi dokter

Namun jika benda yang masuk ke dalam mata berukuran besar dan merupakan benda tajam seperti serpihan kaca atau kayu atau bahkan benda berbahan kimia, jangan pernah mencoba untuk mencungkil benda tersebut dengan tangan atau menggosok mata. Segeralah pergi ke dokter untuk mendapat pertolongan yang tepat secara medis.

Lakukan cara menghilangkan kotoran di mata pada ulasan di atas agar mata Anda terhindari dari iritasi atau bahkan kerusakan mata jika Anda salah dalam penanganannya.