DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Cara Menghilangkan Karang Gigi Ampuh dengan Scale

Cara menghilangkan karang gigi perlu diketahui agar gigi tetap bersih dan putih. Karang gigi itu sendiri adalah plak pada gigi yang tertumpuk dalam jangka waktu yang lama hingga mengeras. Penyebab karang gigi adalah sisa atau noda makanan yang tidak dibersihkan dengan tuntas, sehingga mengeras dan menempel pada gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan prosedur scale

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah scale. Scale itu sendiri adalah salah satu teknik pembersihan karang gigi pada bagian pangkal gigi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

  1. Konsultasi dengan dokter

Jika tidak memungkinkan untuk membersihkan karang gigi sendiri, maka segera datanglah ke dokter dan lakukan konsultasi. Konsultasi diperlukan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kondisi yang sehat atau memiliki riwayat kesehatan. Hal ini akan berpengaruh pada proses scale yang akan dilakukan, salah satunya pada dosis pemberian antibiotiknya.

Seseorang dengan beberapa kondisi berpotensi untuk mengalami infeksi. Ada juga beberapa orang yang harus diberi antibiotik sebelum dan sesudah scale dilaksanakan.

Misalnya seseorang dengan kondisi jantung lemah, pernah melakukan operasi katup tanjung, atau pernah melakukan operasi pemasangan bagian tubuh buatan. Ada juga orang yang membutuhkan penanganan ekstra, seperti pasien yang memiliki daya tahan tubuh lemah.Cara menghilangkan karang gigi dengan teknik scale

  1. Proses pembersihan dengan teknik scale

Proses pembersihan dengan teknik scale ini biasanya dimulai dengan pemberian anestesi lokal atau bius lokal. Tujuannya adalah untuk mematikan saraf sementara guna menghilangkan rasa sakit selama scale dilakukan.

Untuk seseorang dengan kondisi tertentu, biasanya ditambahkan juga antibiotik untuk mencegah persebaran bakteri. Dalam tahapan ini digunakan alat scale dan alat root planning.

Jenis alat tersebut juga bermacam-macam. Ada dokter yang menggunakan alat standar. Namun ada juga dokter yang menggunakan alat ultrasonik. Untuk jenis alat ultrasonik ini, proses pembersihan adalah dengan sensor getaran yang bisa menciptakan gelembung udara.

Gelembung udara tersebut akan membunuh bakteri jenis anaerob yang bersarang di sela-sela gusi dan gigi. Namun alat ultrasonik ini memiliki kelemahan, yaitu kurang mampu menjangkau bagian dalam gusi.

  1. Pemberian antibiotik

Setelah proses pembersihan selesai dilakukan, biasanya akan diberikan antibiotik. Tujuannya untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah timbulnya infeksi. Pemberian antibiotik adalah di daerah perbatasan antara gusi dengan gigi. Antibiotik ini diberikan selama satu minggu. Setelah itu, dokter akan kembali mengangkat antibiotiknya.

  1. Polish gigi

Ada beberapa orang yang melanjutkan proses pembersihan karang gigi ini dengan teknik polish atau poles gigi. Tujuan dilakukan polish ini adalah untuk menghilangkan bekas noda atau bekas tanda-tanda yang ditinggalkan oleh karang gigi. Biasanya proses polish ini dilakukan beberapa kali, tergantung dari kondisi plak dan noda itu sendiri.

Teknik pembersihan karang gigi dengan cara scale ini tidak hanya ampuh untuk membersihkan gigi dari plak saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai cara untuk mencegah infeksi atau peradangan pada gusi dan juga gigi.

Waspadai Gigi Berlubang, Terutama untuk Ibu Hamil. Apa Saja Resikonya ?

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Ampuh

Sebisa mungkin lakukan teknik ini secara rutin agar karang gigi tidak muncul kembali. Selain itu, melakukan scale secara rutin juga dapat membantu menghindari gingivitis atau infeksi gusi yang lebih parah lagi.

Demikianlah cara menghilangkan karang gigi dengan teknik scale. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan gigi serta gusi. Jika ada karang gigi, segeralah datang ke dokter gigi untuk mencegah risiko penyakit yang lebih parah. Semoga artikel ini bermanfaat.