Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Penyebab timbulnya jerawat bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya yakni kotoran dan juga hormon. Dari sekian banyak cara menghilangkan jerawat yang ada, cara yang paling menarik dan efektif yakni dengan cara non obat-obatan seperti pengobatan secara alami.

Penyebabnya Munculnya Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu dan umumnya menyerang wajah. Karena itulah, cara menghilangkan jerawat menjadi suatu bahasan yang sering dicari oleh orang-orang. Minyak yang diproduksi oleh kelenjar bawah kulit ikut bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati dan tertahan tidak bisa keluar dengan lancar karena adanya kotoran.

Munculnya jerawat juga dikarenakan tumbuhnya kelenjar hormon (sebaceous) yang dihasilkan kelenjar adrenal wanita maupun pria. Menghilangkan jerawat bisa dilakukan secara herbal, pola hidup dan pengobatan klinik kecantikan.

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami merupakan cara yang paling mudah, murah dan aman bagi kesehatan. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, yaitu:

  • Putih Telur

Selain mengandung gizi yang tinggi sebagai makanan, putih telur juga menjadi bahan alami yang mampu untuk menghilangkan jerawat dan juga mampu mencerahkan wajah. Caranya dengan memisahkan putih dan kuning telurnya. Setelah itu putih telur ditambah dengan air hasil perasan jeruk nipis dan aduk hingga berbusa. Oleskan pada wajah dan jadikan sebagai masker lalu basuh dengan air bersih.

Selain putih telur, banyak bahan alami yang bisa dijadikan pilihan, yaitu:

  • Es Batu

Batu es dapat mengurangi peradangan jerawat sehingga pembengkakannya tidak terlalu besar. caranya adalah dengan membungkus es batu dengan kain lalu tempelkan pada bagian yang berjerawat.

  • Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C sehingga membantu jerawat cepat kering. Cara menghilangkan jerawat adalah dengan mengusapkan sari lemon segar (bukan berasal dari kalengan) pada jerawat dengan menggunakan kain yang lembut sebelum tidur. Bisa juga ditambah dengan bahan lain, contohnya kayu manis.

  • Jeruk Nipis

Cara penggunaannya, jeruk nipis dipotong lalu diperas dan perasannya dioleskan pada jerawat untuk menghilangkan jerawat dan seluruh tubuh jika ingin mencerahkan wajah.

Salah satu jerawat yang paling mengganggu adalah jerawat batu yang bisa dihilangkan dengan bahan berikut:

  • Madu

Madu memang dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Cara menghilangkan jerawat dengan madu adalah menggunakan campuran madu dengan putih telur. Takarannya adalah setengah butir putih telur dan setengah sendok madu. Oleskan pada wajah, diamkan beberapa saat. Jerawat batu hilang jika penggunaannya teratur.

  • Minyak Argan

Minyak Argan atau magic oil adalah minyak langka yang berasal dari Maroko. Namun minyak Argan yang digunakan harus minyak argan asli yang belum tercampur apapun. Ciri minyak argan yang asli adalah memiliki bau khas kacang dan diletakkan pada botol gelap.

Walaupun jerawat telah hilang, terkadang muncul bekas jerawat ataupun noda hitam. Bahan yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh dalam jumlah tinggi dan biasa digunakan dalam kosmetik. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan minyak zaitun cukup dengan mengoleskannya pada bekas jerawat sambil dipijat perlahan dan dibilas dengan air hangat.

  • Pepaya

Untuk menghilangkan jerawat dan juga flek hitam bekas jerawat bisa menggunakan masker pepaya. Caranya mudah tinggal menghaluskan pepaya lalu membubuhkannya sebagai masker. Gunakan sebagai masker secara merata ke kulit wajah lalu dibiarkan selama seperempat jam dan bilas dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat 2

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pola Hidup dan Kebiasaan Sehat

Salah satu penyebab jerawat adalah pola hidup dan kebiasaan yang tidak baik. Karena itulah, cara menghilangkan jerawat juga bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup dan kebiasaan yang tidak baik. Caranya adalah:

  • Jangan letakkan tangan pada wajah/jerawat

Tangan kita mengandung banyak kuman sehingga kontak langsung tangan dengan jerawat dapat menyebabkan jerawat maupun bekasnya tumbuh semakin banyak dan berbekas.

  • Cuci Muka Minimal 2X Sehari

Salah satu penyebab jerawat adalah karena tersumbat kotoran sehingga harus dibersihkan secara teratur. Karena itulah kita harus mencuci muka terutama saat malam hari akan tidur.

Pola hidup lainnya yang perlu diperhatikan sebagai cara menghilangkan jerawat adalah:

  • Tidur yang cukup dan hindari stress

Kurang tidur dan stress yang berlebihan dapat memicu melonjaknya hormon adrenalin sehingga produksi hormon sebaceous juga menjadi berlebihan dan jerawat muncul.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Usahakan minimal meminum 8 gelas air putih sehari agar menjaga kelembaban kulit dan juga akan mengurangi timbulnya bekas jerawat.

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin E sehingga akan mampu memenuhi kebutuhan vitamin E pada kulit agar kelembaban terjaga dan mencegah jerawat.

  • Hindari Kosmetik berlebihan

Sebisa mungkin hindari jenis make up yang membuat debu/partikel mengendap di permukaan kulit dan minyak yang berlebihan yang tersumbat oleh riasan.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Perawatan di Klinik Kecantikan

Menghilangkan jerawat dengan cara ini merupakan cara yang cukup mahal karena menggunakan teknologi dan obat serta harus berkonsultasi dengan dokter. Pengobatan dengan cara ini adalah:

  • Facial Wajah

Cara ini sebenarnya masih menjadi perdebatan karena ada yang memperbolehkan facial wajah saat berjerawat ada juga yang tidak boleh. Namun, jika sudah mendapat izin dari dokter, maka tidak menjadi masalah. Facial wajah akan menyegarkan wajah.

  • Peeling

Peeling merupakan cara menghilangkan jerawat dengan melakukan pengelupasan agar pertumbuhan lapisan kulit dibagian paling atas terangsang sehingga sel kulit mati dan rusak dapat digantikan. Dibandingkan menghilangkan jerawat, peeling efektif untuk menghilangkan bekas jerawat.

Penyebab-Jerawat-Membandel

Cara menghilangkan Jerawat atau Perawatan Kulit Menggunakan Teknologi

  • Mikrodermabrasi

Pengikisan kulit terluar dengan menggunakan sebuah alat khusus yang digosokkan pada permukaan kulit wajah dengan lembut. Tujuannya agar merangsang pertumbuhan dermis dan epidermis kulit wajah serta sirkulasi darah dan juga mencerahkan wajah dengan merangsang kolagen pada kulit.

  • Teknologi Laser

Merupakan cara menghilangkan jerawat dengan cara modern dan membuat kulit wajah semakin halus dan cantik. Penggunaan laser sebaiknya dilakukan oleh dokter yang telah kompeten. Perawatan laser harus dilakukan secara rutin, yaitu 3-4 minggu sekali. Teknologi laser yang telah disetujui oleh FDA adalah Blue Light Laser Acne Treatment

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam upaya untuk menghilangkan jerawat dan juga noda hitam bekas jerawat. Masing-masing metode perawatan memiliki keunggulan masing-masing dan yang terpenting tidak memberikan asupan kimia pada wajah. Cara alami merupakan cara paling murah dan aman bagi kesehatan tubuh. M

engatasi jerawat dan bekasnya dengan pola hidup dan kebiasaan juga merupakan cara aman tapi cukup sulit karena merubah kebiasaan dalam waktu singkat bukanlah hal yang mudah. Cara menghilangkan jerawat dengan perawatan di klinik kecantikan jelas lebih mahal dan memberikan efek samping tapi hasilnya lebih cepat. Setiap orang memiliki pilihan dan cara efektif yang berbeda dalam mengatasi jerawat. Jadi, mana pilihan anda?