Daftar isi [720+ Artikel]

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam ada banyak sekali. Beberapa di antaranya bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Memiliki bekas jerawat dan noda hitam di wajah memang akan mengganggu penampilan sehari-hari.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan antara lain:

  1. Lidah buaya

Lidah buaya atau yang biasa dikenal sebagai aloe vera merupakan tanaman herbal yang sering digunakan sebagai perawatan kecantikan dan kesehatan rambut. Bahkan sejak dulu banyak masyarakat tradisional yang menggunakannya sebagai perawatan sehari-hari. Hal ini dikarenakan lidah buaya dapat bersifat sebagai anti-bakteri atau anti-inflamasi.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai penghapus bekas jerawat dan noda hitam pada wajah adalah dengan mengoleskan gel lidah biaya pada seluruh bagian wajah. Pijat lembut bagian wajah, lalu diamkan selama satu jam.

Setelah selesai, bilas gel tersebut dengan air hangat. Namun untuk menggunakan lidah buaya ini sebisa mungkin jangan menyentuh getahnya, karena bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit.Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam

  1. Pepaya

Buah yang satu ini mengandung banyak serat, vitamin C, maupun vitamin E yang baik untuk regenerasi sel-sel kulit pada wajah. Pepaya saat ini juga digunakan sebagai bahan utama pembuatan produk kecantikan seperti sabun maupun shampoo.

Cara menghilangkan bekas jerawat flek hitam secara alami dengan pepaya adalah dengan menghaluskan 1 cangkir daging buah pepaya. Gunakan pepaya yang sudah matang.

Lalu tambahkan susu dan madu masing-masing 1 sendok makan. Oleskan campuran bahan tersebut sebagai masker pada wajah. Sebelum dibilas, tunggu beberapa saat hingga mengering.

  1. Semangka

Semangka merupakan jenis buah yang baik untuk hidrasi. Selain itu buah merah ini juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Cara untuk menggunakan semangka sebagai penghilang bekas jerawat dan noda hitam pada wajah adalah dengan mencampurkan semangka halus bersama madu.

Aduk kedua bahan hingga kental. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker pada wajah. Bilas hingga bersih dengan air dingin setelah masker mengering.

  1. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Tomat memiliki kemampuan untuk mencegah keriput, mengatasi jerawat, dan membantu regenerasi kulit.

Cara yang bisa dilakukan dengan tomat untuk menghapus flek hitam dan noda jerawat adalah dengan menggosokkan secara merata buah tomat yang sudah dibelah pada wajah. Diamkan hingga 1 jam agar nutrisi meresap pada kulit. Kemudian bilas bekas masker tomat dengan air hangat.

  1. Timun

Timun juga memiliki kandungan air yang baik untuk hidrasi kulit. Selain itu ada juga kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga timun memang bisa diandalkan dalam proses penghilangan noda bekas jerawat dan flek hitam. Caranya adalah dengan menghaluskan timun, kulit, dan bijinya dengan blender, lalu mengaplikasikannya pada wajah. Bilas masker timun jika wajah sudah terasa kering dan kaku.

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, tapi Terbukti Manjur!

  1. Susu

Susu merupakan bahan yang kaya akan nutrisi. Susu bisa dikonsumsi sebagai minuman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, susu juga baik untuk kesehatan dan kelembaban kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan susu adalah dengan mencampurkannya bersama madu. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam secara alami yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.