>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Cara Menggendong Bayi untuk Ibu Muda

Cara menggendong bayi mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu topik pencarian yang paling laris diburu oleh ibu muda zaman sekarang. Hal itu karena tidak sedikit ibu muda yang merasa belum mampu mengemban tugas sepenuhnya menjadi seorang ibu.

Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menganggap bahwa menggendong bayi saja merupakan suatu pekerjaan yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jika anda merasa anda belum sepenuhnya mampu untuk menggendong bayi anda yang baru lahir, mungkin anda bisa mencoba beberapa hal di bawah ini.

Cara Menggendong Bayi yang Baik dan Benar

Pada dasarnya, menggendong bayi bukanlah suatu hal yang sulit. Hanya saja, anda memang perlu memperhatikan beberapa detil supaya bayi anda bisa merasa nyaman saat berada dalam pelukan anda.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendekat sedekat mungkin dengan bayi sebelum di gendong. Hal ini dilakukan supaya bayi tidak kaget ketika anda mulai menyentuh seluruh tubuhnya.

Setelah itu, anda bisa mulai memasukkan tangan anda ke bagian bawah leher untuk menopang kepalanya sementara tangan anda yang lain harus digunakan untuk menopang badannya mulai dari punggung sampai dengan bagian bokongnya.

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan adalah posisi anda saat menggendong. Jika anda menggendong bayi, sebaiknya anda meletakkan kepala bayi pada lipatan siku anda.

Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa posisi kepala bayi harus lebih tinggi dari badan dan bokongnya. Maka dari itu, sebaiknya anda sedikit mengangkat tangan yang memegang kepala bayi dan sedikit menurunkan tangan yang mengganjal badan dan bokong bayi.

ayah gendong bayi

lengan kirin menahan kepala bayi, tangan kiri menjaga agar tidak terjatuh …. tangan yang lainnya menahan badan/punggung bayi

foto gendong bayi

Cara Menggendong Bayi

Cara Menggendong Bayi

Cara Menggendong Bayi

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah mempertahankan posisi terbaik dari cara menggendong bayi. Dalam hal ini, bukan hanya posisi kepala bayi yang harus lebih tinggi daripada badannya, tetapi juga posisi kepala yang dekat dengan dada anda. Beberapa dari anda mungkin tidak akan percaya bahwa bayi yang baru berumur satu bulan sudah bisa merasakan detak jantung orang yang menggendongnya.

Tetapi, hal itu memang benar adanya karena mendekatkan bayi dengan jantung sang ibu atau sang ayah akan bisa mempererat tali darah yang ada dalam tubuhnya sehingga hubungan batin antar ketiganya bisa semakin erat.

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah diri anda sendiri, terutama bagi sang ibu atau ayah. Hal ini karena bayi dipercaya bisa merasakan keraguan seseorang yang ingin menggendongnya. Jika anda memang merasa ragu untuk menggendong bayi anda, maka sebaiknya anda mantapkan niat anda terlebih dahulu sebelum anda menggendong bayi anda.

Jika tidak, maka bayi anda tentu akan menangis karena merasa takut atau juga perasaan tidak nyaman lainnya. Semoga beberapa tips di atas bisa berguna bagi anda ibu muda yang masih mempelajari cara menggendong bayi.