7 Cara mengeluarkan Kotoran Telinga yang Aman

Sebenarnya cairan kuning kecokelatan yang ada di dalam telinga merupakan zat alami yang diproduksi setiap hari untuk melindungi telinga dari gangguan serangga atau benda kecil lainnya. Namun jika dibiarkan terus menerus, zat kuning kecoklatan tersebut akan sangat mengganggu kemampuan mendengar atau penampilan. Perlu cara mengeluarkan kotoran telinga yang aman untuk membersihkannya. Bahkan penggunaan cotton buds pun sebenarnya tidak cukup baik dalam dunia kesehatan.

Cara mengeluarkan kotoran telinga dengan metode benar

Membersihkan telinga dengan cara yang salah dan tidak prosedural justru akan membuat masalah pendengaran. Berikut ini adalah beberapa cara sehat yang dapat dilakukan untuk membersihkan telinga dari kotoran:

  1. Bersihkan telinga dengan baby oil

Teksturnya yang mudah berjalan dan tidak dapat terserap oleh kulit membuat baby oil menjadi pilihan yang tepat sebagai bahan pembersih telinga. Selain itu, baby oil juga tidak memiliki resiko iritasi jika digunakan. Basahi kapas atau tisue halus dengan baby oil kemudian peraslah perlahan pada lubang telinga Anda dalam posisi miring. Diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu miringkan posisi telinga berlawanan arah maka kotoran pun akan ikut keluar.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Selain sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan kulit, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal secara efektif. Cara membersihkan telinga dengan bahan ini sama dengan baby oil di atas. Kandungan minyak zaitun dapat membuat kotoran yang semula menggumpal menjadi mencair atau luruh keluar.cara mengeluarkan kotoran telinga secara alami, cara mengeluarkan kotoran telinga yang mengeras mengeluarkan kotoran telinga yang menyumbat mengeluarkan kotoran telinga dengan lilin mengeluarkan kotoran telinga keras mengeluarkan kotoran telinga yang keras mengeluarkan kotoran telinga anak mengeluarkan kotoran telinga kering mengeluarkan kotoran telinga pada anak

  1. Gunakan larutan air garam

Khusus untuk cara yang satu ini, pastikan terlebih dahulu jika telinga tidak mengalami iritasi atau infeksi baik pada bagian dalam maupun bagian luar telinga. Larutan garam dengan air garam yang diteteskan perlahan pada lubang telinga yang hendak dibersihkan pada posisi miring dan setelah beberapa waktu dikembalikan pada posisi semula akan membuat kotoran keluar dengan air garam tersebut.

  1. Gunakan perpaduan cuka dan alkohol

Larutan cuka dan alkohol juga dapat digunakan sebagai pembersih kotoran telinga dengan cara memasukkan kurang lebih dua tetes larutan ini ke dalam telinga, diamkan sebentar dan gunakan kapas untuk membersihkan kotoran yang keluar.

  1. Gunakan larutan hidrogen peroksida

Cara menghilangkan kotoran telinga yang menyumbat dengan cairan ini memang terdengar sangat kimiawi dan membuat beberapa orang takut mencoba karena salah-salah memasukkan cairan kimia ke dalam telinga justru akan melukai telinga. Tapi jangan cemas atau takut karena larutan ini adalah larutan yang aman dan dapat menggempur kotoran telinga yang sudah kering dan akhirnya menyumbat. Buatlah campuran hidrogen peroksida dengan air pada takaran yang sama kemudian teteskan pada telinga.

  1. Pakai cuka apel juga dapat bersihkan telinga

Cuka apel ternyata bukan hanya digunakan sebagai obat penyakit dalam saja namun juga dapat difungsikan sebagai penghilang kotoran telinga dengan digunakan sebagai obat tetes. Cukup teteskan sedikit saja cuka apel sekitar 2 sampai 3 tetes dengan cara memiringkan kepala Anda.

  1. Minyak kelapa

Begitu juga minyak kelapa ternyata tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan masakan saja tapi juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Caranya mudah yakni dengan memanaskan sesendok minyak kelapa bersih hingga hangat atau suam kuku, celukan kapas dan sisipkan pada lubang telinga. Kotoran akan keluar menempel pada kapas.

Ingat jangan membersihkan kotoran telinga dengan cara mengeluarkan kotoran telinga dengan lilin karena zat yang terkandung dalam lilin justru tidak baik bagi kesehatan telinga dan telinga Anda bisa bermasalah setelahnya.