>>> >> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < << <<<

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Efektif!

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan perlu diketahui, terutama oleh wanita hamil yang baru saja melahirkan baik secara alami maupun caesar. Hal ini tentu berkaitan dengan keinginan setiap orang untuk tetap memiliki tubuh ideal, walaupun sudah melahirkan. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kendur setelah melahirkan? Simak penjelasan berikut ini.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan paling aman

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut terutama setelah melahirkan:

  1. Mengatur pernafasan

Pernafasan merupakan salah satu faktor penting yang tidak boleh disepelekan. Sistem pernafasan yang baik akan memicu pembentukan perut yang ideal setelah melahirkan. Bernafas yang baik bisa dilakukan dengan mengambil udara dari hidung, bukan dari mulut.

  1. Menyusui bayi

Untuk ibu yang baru saja melahirkan, sebisa mungkin susui bayi dengan ASI. ASI tidak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi, melainkan juga untuk kesehatan sang ibu. Dengan menyusui bayi, ibu akan bisa mendapatkan mafaat yang baik, salah satunya tubuh akan perlahan-lahan kembali seperti sedia kala. Hal ini dikarenakan saat menyusui bayi, ibu akan kehilangan 5.000 kalori. Hal ini tentu akan membuat tubuh bisa kembali ideal.Cara mengecilkan perut setelah melahirkan secara alami dan aman

  1. Makan sedikit namun sering

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar yang bisa dilakukan selanjutnya adalah makan dengan porsi sedikit namun rutin dan dilakukan dalam frekuensi yang sering. Hal ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jika biasanya manusia rata-rata makan 3 kali sehari dalam porsi standar, maka ibu menyusui sebaiknya mengurangi porsi makan, namun jam makan ditambah menjadi 4 kali atau lebih.

  1. Mengonsumsi makanan rendah lemak

Makanan rendah lemak akan membantu tubuh kembali ideal secara berkala. Namun, untuk wanita yang sudah melahirkan dan menyusui, sebaiknya tidak asal melakukan diet lemak, karena bagaimana pun juga bayi juga membutuhkan nutrisi yang baik dari ASI.

  1. Mengonsumsi banyak air putih

Air putih yang dikonsumsi secara banyak dan teratur akan memperlancar metabolisme di dalam tubuh. Air putih juga bisa membersihkan organ di dalam tubuh, sehingga jika ingin mendapatkan tubuh ideal setelah melahirkan, mengonsumsi air putih secara teratur dalam jumlah banyak akan membantu.

  1. Olahraga ringan

Olahraga ringan dapat melatih otot-otot yang kendor agar kembali kencang. Namun olahraga ringan ini harus dilakukan secara teratur. Salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh wanita yang baru saja melahirkan adalah jalan kaki di pagi hari. Gunakan waktu pagi untuk berjalan-jalan sambil berjemur bersama sang buah hati. Hal ini juga akan menyehatkan bayi.

  1. Mengonsumsi makanan berserat

Makanan seperti buah dan sayur yang berserat tinggi akan mampu membantu menjaga daya tahan tubuh dan memperlancar perncernaan. Jika pencernaan lancar, maka lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh bisa perlahan-lahan diekskresikan. Sayur dan buah juga dapat membantu ibu untuk mendapatkan vitamin yang baik untuk pembentukan ASI.

  1. Jangan minum jamu atau ramuan herbal

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa jamu atau ramuan herbal akan efektif untuk melunturkan lemak perut setelah melahirkan. Namun hal ini kurang baik untuk ibu menyusui, karena akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas ASI.

Bolehkah Ibu Menyusui Meminum Es? Apakah Menyebabkan bayi Pilek?

  1. Tetap beraktivitas

Untuk membantu mengembalikan tubuh ideal setelah melahirkan, tetaplah menjaga aktivitas seperti biasanya. Aktivitas seperti membersihkan rumah akan membuat tubuh berolahraga dengan sendirinya.

Demikianlah beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.