Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Cara Mengatasi Sembelit Pasca Melahirkan

Wanita yang telah mengalami rose persalinan tentunya akan merasa cemas dan kebingungan ketika mngalami sembelit. Kondisi perut yang belum sepenuhnya kembali normal serta luka yang ada pada organ intim wanita maupun bekas operasi yang ada di perut membuat sembelit pasca melahirkan menjadi masalah yang begitu serius. Sembelit pasca melahirkan bisa segera di atasi jika anda mengetahui apa penyebabnya.

Berikut merupakan faktor penyebab sembelit pasca melahirkan :

  1. Faktor eksternal

Konsumsi obat – obatan yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit pasca melahirkan dan vitamin sebelum melahirkan menjadi salah satu faktor penyebab sembelit yang anda alami. Jika anda tetap di anjurka untuk mengonsumsi vitamin sebelum melahirkan, maka sebaiknya anda konsultasikan ke dokter untuk mengganti jenis vitamin sebelum melahirkan yang tidak menyebabkan sembelit.

  1. Kekhawatiran terhadap bekas jahitan

Bekas jahitan yang anda dapatkan pasca persalinan baik itu persalinan normal maupun caesar bisa menjadi penghambat anda saat buang air besar. Pasalnya seringkali anda merasa khawatir apabila ketika anda mendorong terlalu kuat maka bekas jahitan anda akan terbuka dan sebagainya. Cobalah untuk rileks untuk meringankan rasa sakit anda.

  1. Saluran pencernaan yang bermasalah

Masalah pada sistem pencernaan anda dapat menyebabkan anda mengalami sembelit pasca melahirkan maupun di waktu normal.

Sembelit Pasca Melahirkan

Jika sembelit yang anda alami karena masalah pencernaan maka anda harus mengonsumsi makanan berikut:

  • Karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat biasanya memiliki kandungan serat yang tinggi pula. Makanan tinggi serat seperti sereal gandum, beras merah, roti, oat atau biji rami sangat baik untuk mengatasi sembelit.

  • Makanan Kering

Kandungan omega-3 yang terdapat pada makanan kering khususnya kismis, apricot kering dan buah prem dapat membuat otot – otot yang telah berkontraksi maksimum saat persalinan anda menjadi lebih rileks. Keadaan rileks ini mampu untuk membuat otot perut menangani masalah sembelit ini.

  • Buah – buahan dan sayuran segar

Konsumsilah buah dan sayur segar selagi masih mentah. Usahakan untuk tidak mengolahnya terlebih dahulu agar teksturnya masih renyah dan kasar.

Sembelit Pasca Melahirkan

  • Perbanyak minum air

Untuk mengatasi sumbatan, usahakan anda minum 8 gelas air perharinya. Anda juga bisa mencoba untuk membuat segelas air hangat dicampur dengan lemon pada pagi hari. Cara ini telah dibuktikan oleh para wanita pasca melahirkan.

  • Hindari makanan yang mengandung kalsium tinggi

Makanan yang mengandung kalsium tinggi dapat memperburuk sembelit anda, karena kalsium dapat menghambat penyerapan mineral yang seharusnya dibutuhkan untuk mengatasi penyumbatan.

  • Menambahkan minyak zaitun ke dalam menu makanan anda

Minyak zaitun merupakan salah satu obat pencahar ringan mampu mengatasi sembelit pasca melahirkan yang anda alami. anda bisa menambahkan minyak zaitun kedalam salad, olahan ikan, olahan ayam atau ke dalam pasta.