>> DAFTAR ISI [720+ Artikel] <<

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Cara mengatasi sembelit pada bayi – Sembelit terkadang memang agak mengganggu, terlebih bila hal tersebut terjadi pada bayi anda. Apabila bayi/balita anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan yang mana merupakan metode mengatasi sembelit pada bayi. Sembelit merupakan suatu penyakit yang cukup sering orang – orang jumpai pada bayi, terlebih apabila sembelit yang dialami cukup parah sehingga membuat sang buah hati tidak merasa nyaman.

Sembelit atau yang biasa disebut konstipasi terjadi karena mengerasnya feses sehingga membuat penderita sulit untuk mengeluarkan feses,dan menyebabkan sakit perut. Hal ini dapat terjadi bila sang buah hati kekurangan cairan dalam tubuhnya atau kekurangan serat. Konstipasi ini sebenarnya dapat dicegah dengan memberi asupan ASI yang cukup serta memberi makan yang bergizi tinggi.

Inilah Langkah Dalam Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Langkah awal dari cara mengatasi sembelit pada bayi adalah dengan memastikan apakah bayi anda benar – benar mengalami sembelit atau tidak. Untuk mengetahui bahwa bayi anda sembelit atau tidak adalah dengan melihat ciri – cirinya. Bayi penderita sembelit biasanya sering menangis dengan alasan yang tidak jelas. Hal ini juga dapat dilihat dari feses bayi anda yang terlihat lebih keras dan tidak encer seperti feses bayi biasa. Bayi juga tidak buang air secara rutin.cara mengatasi sembelit pada bayi

cara mengatasi sembelit pada bayi

Sembelit biasa terjadi pada bayi yang mulai mengkonsumsi makanan selain ASI, hal inilah yang paling sering menyebabkan bayi mengalami sembelit. Bayi yang secara rutin meminum ASI  memiliki kemungkinan mengalami sembelit yang jauh lebih kecil daripada yang jarang mengkonsumsi ASI.

Cara mengatasi sembelit pada bayi yang kedua adalah dengan memastikan bahwa bayi anda tidak kekurangan cairan. Hal ini cukup penting, karena kemungkinan terbesar bayi mengalami sembelit karena bayi kekurangan cairan. Oleh karena itu, bayi harus mendapat jumlah cairan yang cukup dalam satu harinya.

Anda tidak harus memberi sang buah hati ASI, air putih juga dapat membantu bayi anda terhindar dari sembelit. Dan bila bayi anda sudah mulai mengkonsumsi makanan lain selain ASI, pastikan bahwa makanan yang anda beri adalah makanan dengan banyak serat, seperti sayuran – sayuran dan buah – buahan. Bila bayi anda belum mampu mengunyah sayuran dan buah – buahan, anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender.

cara mengatasi sembelit pada bayi

Selain itu, anda juga dapat memberikannya pijitan pada perut si kecil. Hal ini dilakukan untuk melancarkan pencernaan bayi, namun anda harus memijatnya dengan halus dan berhati – hati. Bayi yang mengalami sembelit biasanya perut bagian bawahnya terasa lebih keras, dan apabila bayi telah buang air besar, bagian perut tersebut akan terasa normal kembali. Sebenarnya anda juga dapat memberikannya semacam obat dengan menggunakan buah plum. Yang perlu anda lakukan adalah dengan merendam buah plum dengan air panas, lalu anda harus mendiamkannya selama satu malam, lalu anda bisa memberikan cukup 1 sendok teh pada bayi anda. Air rendaman buah plum ini merupakan salah satu cara mengatasi sembelit pada bayi yang cukup efektif.