Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Perut Kembung Saat Hamil, Solusinya ?

Perut kembung saat hamil memang sering terjadi. Jangan khawatir perut kembung yang terjadi pada bumil tak akan membahayakan kesehatan ibu dan bayi yang ada dalam kandungannya. Kembung pada perut bumil bisa terjadi karena meningkatnya hormon progesteron.

Produksi hormon kehamilan tersebut bisa memperlambat proses pencernaan sehingga gas pada perut akan semakin menumpuk dan akhirnya menyebabkan perut bumil menjadi kembung, Apalagi saat bumil sudah mulai membesar perutnya, kembung pastilah akan semakin sering terjadi. Untuk itu, ibu hamil wajib tahu bagaimana atasi perut kembung pada saat hamil.

Atasi Perut Kembung Saat Hamil

1. Makan Sedikit Tetapi Sering

Ibu hamil memang diharuskan untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan bayinya. Oleh karena itu, pola makan bumil biasanya adalah mengasup makanan sehat sesering mungkin. Namun, ada yang harus anda perhatikan pada pola makan bumil ini. Jangan memakan makanan terlalu banyak karena proses pencernaan ibu hamil yang lambat akan menyebabkan perut menjadi kembung. Alangkah baiknya, ibu hamil tetap harus sering makan, tetapi porsi makanannya hanya sedikit.

Perut kembung saat hamil 2

2. Tidak Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Soda

Perut kembung disebabkan karena menumpuknya gas pada perut karena proses pencernaan yang lambat. Begitupun dengan ibu hamil, bumil sering sekali mengalami perut kembung. Salah satu cara mengatasi perut kembung saat hamil adalah dengan menghindari makanan yang mengandung gas, seperti minuman bersoda, durian, tape, dan masih banyak lagi.

Dokter Spog sering mengatakan kepada bumil agar menjadikan makanan yang enak tersebut sebagai pantangan pada saat hamil, salah satunya makanan dan minuman tersebut bisa menyebabkan perut bumil menjadi kembung.

3. Memakai Pakaian Yang Longgar

Semakin hari, perut bumil tentunya akan semakin bertambah besar. Tentunya, agar ibu hamil merasa nyaman saat beraktivitas, bumil harus menyesuaikan pakaian dengan ukuran tubuhnya saat hamil. Jika bumil tetap ngotot untuk memakai pakaian ketat pada saat hamil, salah satu akibatnya adalah perut menjadi kembung karena perut menjadi bertambah sesak saat anda memakai pakaian yang ketat.

Oleh karena itu, jika ibu hamil tak mau mengalami perut kembung, salah satu cara mengatasi perut kembung saat hamil adalah dengan memakai pakaian yang longgar yang tentunya bisa membuat bumil lebih nyaman.

Perut kembung saat hamil 2

4. Olahraga Secara Rutin

Siapa bilang ibu hamil tak boleh berolahraga? Olahraga sangatlah bermanfaat bagi ibu hamil karena olahraga akan membantu melancarkan proses persalinannya. Tak hanya itu saja, saat bumil rutin melakukan olahraga, maka terhambatnya aktivitas karena perut kembung tak akan terjadi.

Dengan olahraga, proses pencernaan bumil akan berjalan dengan lancar dan tentunya tak ada gas yang akan menumpuk diperutnya yang bisa menyebabkan perut bumil menjadi kembung dan sesak. Jadi, rutinlah berolahraga saat hamil, cukup 30 menit anda meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan, seperti jogging, yoga, atau renang.

Semoga informasi tentang tips atasi perut kembung saat hamil di atas bermanfaat bagi para pembaca.