Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi?

Salah satu masalah yang dapat dialami oleh si kecil yaitu hidung tersumbat pada bayi sehingga dapat mengganggu system pernapasannya. Bayi yang mengalami hal ini akan terganggu dan sulit untuk bernafas sehingga mereka akan rewel. Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat si kecil?

Inilah Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Secara Alami

Untuk mengatasi berbagai masalah pada si kecil maka sebaiknya Bunda menggunakan obat dengan bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatannya, selain itu cara alami juga tidak menimbulkan efek samping serta ketergantungan obat sehingga Bunda lebih tenang. Berikut adalah beberapa cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi:

  1. Menghangatkan tubuh si kecil

Hidung tersumbat pada si kecil dapat disebabkan oleh flu, Bunda dapat mengatasi hal ini dengan cara menghangatkan tubuhnya. Cara menghangatkan tubuh si kecil yaitu dengan memandikannya dengan air hangat, menjemurnya di bawah sinar matahari pagi, mengoleskan minyak yang memberikan sensasi panas, mematikan kipas atau AC, dan masih banyak lainnya.Hidung Tersumbat Pada Bayi

  1. Melakukan penguapan alami

Cara alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan memberikan penguapan alami dari uap air hangat. Hal ini dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Cara melakukannya yaitu dengan memposisikan bayi telungkup sehingga hidung bayi dapat menghirup uap hangat dengan baik.Hidung Tersumbat Pada Bayi

  1. Memijat hidung bayi

Cara efektif selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat bayi yaitu dengan melakukan pemijatan lembut ada bagian hidung bagian atas dan mengoleskannya minyak telon sehingga dapat memberikan sensasi hangat pada hidung si kecil. Cara ini dapat membantu mengeluarkan lendir yang ada dalam hidung sehingga pernapasan dapat berjalan dengan normal.

  1. Memiringkan bayi

Jika hidung si kecil tersumbat pada bagian kiri maka miringkan bayi ke bagian kanan, sedangkan jika tersumbat pada hidung bagian kanan maka miringkan bayi ke bagian kiri. Hal ini dapat melegakan system pernapasan si kecil saat mereka tertidur. Inilah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Bayi dengan Alat dan Obat

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat pada si kecil dengan menggunakan obat dan alat yang aman untuk bayi:Hidung Tersumbat Pada Bayi

  1. Menggunakan alat penyedot ingus

Salah satu gejala hidung tersumbat adalah adanya cairan atau lendir yang ada dalam hidung. Untuk mengatasi hal ini maka Bunda dapat menggunakan alat penyedot ingus atau lendir khusus untuk hidung bayi yang banyak dijual di apotek. Tetapi Bunda harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya karena kulit si kecil masih sangat sensitif dan lembut. Inilah cara melegakan hidung tersumbat pada bayi yang mudah dipraktekkan.

  1. Menggunakan cairan NaCl

Cara untuk mengatasi hidung tersumbat selanjutnya yaitu dengan meneteskan cairan NaCl di hidung si kecil. Cairan ini efektif untuk mengatasi dan melegakan hidung yang tersumbat. Bunda harus ekstra hati-hati saat meneteskan cairan ini ke hidung si kecil dan perhatikan cara penggunaannya yang benar karena kulit bayi sangat sensitif dan masih lembut. Cairan ini mudah di dapat di apotek sehingga Bunda dapat memperolehnya dengan mudah.

  1. Menggunakan balsem atau minyak pelega tenggorokan untuk bayi

Obat luar yang dapat digunakan untuk melegakan hidung tersumbat pada si kecil yaitu balsem atau minyak kayu putih. Bunda dapat mengeoleskannya ke punggung dan dada si kecil sehingga memberikan sensasi hangat pada tubuh si kecil yang dapat mengatasi hidung tersumbat.

Demikian informasi seputar beberapa cara untuk hidung tersumbat pada bayi yang aman dan mudah untuk dipraktekkan di rumah, selamat mencoba.