Rahasia Mengatasi Haid Tidak Teratur yang Ampuh, Terbukti !

Memasuki usia remaja, seorang perempuan pasti akan mengalami haid. Suatu siklus bulanan yang kerap terjadi secara normal pada usia produktif. Terjadinya haid disebabkan oleh peluruhan dinding rahim, hal ini akan membuat rahim yang tidak dibuahi akan menjadi bersih dari pembuluh darah, kelenjar dan sel yang tidak terpakai.

Orang awam sering menyebut bahwa haid menyebabkan keluarnya darah kotor. Untuk perempuan yang mengalami haid normal pasti terjadi selama 1 bulan sekali. Namun hal ini terkadang tidak terjadi padasetiap wanita, sebagian ada yang mengalami haid tidak teratur. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut penjelasannya.


Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Ada banyak wanita yang sering mengalami masalah ini, padahal sebelumnya siklus haid berjalan normal. Apa gerangan yang menyebabkan haid tidak teratur? Ada banyak faktor yang memicu terjadinya hal tersebut, selain faktor dari dalam tubuh, faktor psikologis juga sangat berpengaruh, bahkan ini merupakan penyebab yang sering terjadi.

Perasaan terlalu sedih, tertekan, stress, dll akan membuat otak yang menjadi pengatur sistem hormon dalam tubuh terganggu. Selain itu, adanya kelainan atau penyakit juga dapat menjadi penyebab menstruasi tidak lancar.

haid tidak teratur

Cara Mengetahui Siklus Haid Tidak Teratur

Sebelum dapat menentukan haid berjalan normal atau tidak, ada baiknya anda mengetahui tentang siklus haid yang benar. Siklus menstruasi terjadi dalam 2 tahap yaitu tahap pra-ovulasi, tahap dari haid pertama hingga ovulasi, dimana untuk tahap pra-ovulasi rata-rata terjadi 2 minggu. Namun, masa ini bukan patokan pasti karena setiap perempuan bisa berbeda.

Tahap yang kedua adalah pasca-ovulasi, tahap dimulai dari ovulasi hingga haid bulan yang akan datang, masanya berkisar antara 10-16 hari.  Umumnya, siklus haid normal terjadi antara selang waktu 21-35 hari dari haid pertama hingga haid berikutnya.

Untuk lamanya menstruasi berkisar antara 3-14 hari, apabila lebih dari 14 hari maka itu bukan termasuk darah haid melainkan darah penyakit.

Dari penjelasan siklus haid di atas, maka akan memudahkan untuk mengetahui ketika adanya gangguan siklus haid. Misalnya seseorang perempuan mengalami haid 4 bulan sekali atau masa haid lebih 14 hari, maka hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa siklus terganggu hingga menyebabkan haid tidak teratur.

Haid Tidak Teratur, Apakah Bisa Hamil?

Pertanyaan yang seringkali muncul dibenak wanita yang ingin lekas hamil namun mengalami gangguan siklus haid sehingga menimbulkan kekhawatiran tidak bisa atau memperlambat kehamilan. Jangan terburu-buru berkecil hati, haid tidak teratur belum tentu pertanda bahwa adanya gangguan pada bagian reproduksi.

Meski siklus haid yang terganggu menyebabkan sulitnya menentukan masa subur, namun hal ini tidak boleh menyurutkan usaha anda untuk mendapatkan keturunan. Solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter.

Tak ada salahnya memastikan keadaan tubuh untuk mengetahui secara jelas apakah ada masalah pada tubuh sehingga menyebabkan haid tidak teratur. Melakukan konsultasi dengan dokter ahli akan membantu anda mendapatkan penanganan serta cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi.

haid tidak teratur lancar

Haid Tidak Teratur Setelah Melahirkan

Kebanyakan wanita akan mengalami haid tidak lancar usai melahirkan, tak perlu cemas karena hal ini umum terjadi akibat adanya perubahan pola serta bagian tubuh termasuk hormon yang menyebabkan siklus haid berbeda dibandingkan saat sebelum hamil.

Terlebih bagi wanita yang menyusui pasca melahirkan, tubuh akan memberikan respon terhadap kegiatan menyusui sehingga berpengaruh terhadap menstruasi, ini merupakan salah satu penyesuaian tubuh. Adanya hormon prolaktin yang berperan terhadap produksi susu berakibat terjadinya penekanan ovulasi. Memang perlu waktu untuk bisa mengembalikan siklus menjadi normal.

Obat Haid Tidak Lancar

Selain melakukan tips-tips kesehatan seperti olahraga teratur, istirahat cukup, menghindari stres, perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayur, untuk memperlancar haid, ada beberapa obat atau ramuan yang bisa anda gunakan.

Untuk obat alami, anda bisa memanfaatkan daun pepaya muda yang masih segar. Caranya cukup mudah, hanya perlu meminum air rebusan daun pepaya yang ditambahkan dengan sedikit garam dan asam, maka haid dapat kembali normal. Selain itu, rutin minum teh hijau juga dapat mengatasi masalah haid tidak teratur.

TAGs: cara minum kiranti agar cepat haid, haid tidak teratur bagi remaja, apakah kiranti ampuh untuk melancarkan haid, aturan minum kiranti agar cepat haid, cara mengatur menstruasi agar teratur dengan kiranti, cara haid dengan minum kiranti, cara agar cepat haid dengan kiranti, Aturan pakai kiranti untuk yang tidak teratur datang bulan, aturan minum kiranti untuk haid tidak teratur dan tidak lancar, apkh ada obat utk mengatasi haid tdk teratur mjd normal dan tdk lancar mjd lancar, apakah sering menggugurkan kandungan bisa menyebabkan haid tidak lancar, apakah minum teh hijau menyebabkan siklua haid terganggu ?, apakah kiranti ampuh melancarkan haid, apakah haid tidak teratur bisa memperlambat kehamilan, apa obat haid biar lancar 1 bulan sekali, agar tahap praovulasi lancar, tips menstruasi lancar