DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Herbal

Cara mengatasi gusi bengkak perlu diketahui agar penderita bisa dengan mudah memilih alternatif pengobatan yang sesuai. Selain itu, pengobatan juga perlu dilakukan sesuai dengan penyebab dari gusi bengkak itu sendiri. Untuk itu berikut ini ada beberapa penyebab dan cara mengobati gusi bengkak yang bisa dilakukan.

Cermati cara mengatasi gusi bengkak dan penyebabnya ini

Beberapa penyebab dari gusi bengkak antara lain:

  1. Radang gusi

Radang ini bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri yang terjadi pada gusi. Infeksi ini yang pada akhirnya menyebabkan pembengkakan. Radang gusi disebut juga dengan gingivitis.

  1. Kehamilan

Ibu hamil biasanya akan memiliki hormon yang berbeda dengan wanita yang tidak hamil. Hal ini menyebabkan ibu hamil mudah sekali terkena iritasi, salah satunya iritasi pada mulut yang menyebabkan gusi bengkak.Cara mengatasi gusi bengkak

  1. Kurang asupan vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika vitamin C yang masuk ke dalam tubuh tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh, maka daya tahan tubuh akan berkurang.

  1. Plak gigi

Plak pada gigi merupakan sarang bakteri. Jika bakteri tersebut menginfeksi bagian dalam mulut dan gusi, maka bisa jadi gusi membengkak.

  1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol, baik dari jenis makanan atau minuman beralkohol, atau dari jenis obat-obatan yang mengandung alkohol (misalnya obat kumur yang terlalu sering digunakan) bisa menyebabkan infeksi pada bagian gusi.

  1. Kawat gigi atau gigi palsu

Keberadaan kawat gigi atau gigi palsu yang tidak tepat dapat menyebabkan gusi mengalami pembengkakan. Hal ini dikarenakan posisi yang tidak tepat tadi memungkinkan kotoran dan sisa makanan masuk dan menginfeksi gusi.

Harga Pasang Behel di Dokter Gigi

Macam-Macam Jenis Behel, Sekedar Lifestyle atau Untuk Pengobatan ?

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara mengatasi gusi bengkak antara lain:

  1. Menggunakan obat kumur yang terbuat dari larutan garam dan air hangat. Tujuannya untuk menghilangkan bakteri pada mulut, gusi, dan gigi.
  2. Mengonsumsi banyak air. Tujuannya untuk merangsang produksi air liur yang nantinya bertugas sebagai antibiotik alami dari dalam tubuh.
  3. Membersihkan gigi secara sempurna dan benar.
  4. Menghindari obat kumur beralkohol.
  5. Menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  6. Memijat secara perlahan pada bagian gusi yang terinfeksi.
  7. Mengompres dengan air hangat di bagian pipi.
  8. Menggunakan obat mengatasi gusi bengkak paling ampuh. Beberapa alternatif yang bisa digunakan adalah:
    • Obat penghilang rasa sakit, yang biasanya terdiri dari obat analgesik, antibiotik, atau obat anti radang.
    • Ramuan bayam duri, yang bisa dibuat dengan cara membakar bayam duri di atas tanah liat (genteng) lalu menumbuknya dan menggunakannya sebagai salep alami.
    • Asam jawa sebagai penghilang plak gigi, yang bisa digunakan dengan cara menyangrai asam jawa lalu menumbuknya dan menggunakannya sebagai pasta gigi alami.
    • Ramuan kulit andong, yang bisa dibuat dengan cara mencampurkan kulit andong dengan garam, lalu mengoleskannya pada gusi yang bengkak.
    • Ramuan krokot, yang bisa dibuat dengan cara merebus krokot dengan air bersih 3 gelas hingga mendidih. Tunggu hingga air rebusan tinggal 1 gelas. Minum ramuan tersebut hingga habis.
    • Ramuan gambir dan empu kunyit, yang bisa dibuat dengan merebus kedua bahan yang sudah diiris tipis dalam 2 gelas air bersih. Mendidihkan hingga tersisa 1 gelas air. Air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur-kumur selama 4 kali sehari.

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi gusi bengkak yang bisa dilakukan untuk menciptakan mulut yang lebih sehat. Semoga bermanfaat.