Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara mengatasi diare pada bayi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Namun, penting bagi seorang ibu untuk mengatasi penyebab penyakit ini serta cara agar bisa teratasi dengan baik. Maka dari itu, disini anda akan mendapatkan info penting terkait diare pada bayi.

Penyakit Diare dan Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara mengatasi diare pada bayi dapat dilakukan dengan memberi asupan makanan dan obat yang tepat untuk mengatasinya. Sebelum membahas hal tersebut maka kita perlu tahu terlebih dahulu apakah itu penyakit diare. Diare merupakan penyakit yang mendunia. Hampir semua orang pernah mengalami penyakit ini dan tidak terbatas usia.

Penyakit diare merupakan penyakit perut dan saluran pencernaan yang disebabkan oleh berbagai macam gangguan di dalam perut seperti infeksi pencernaan yang disebabkan oleh virus dan bakteri, selain itu dapat juga disebabkan karena alergi makanan khususnya susu atau laktosa.Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara Mengatasi Diare Pada BayiCara Mengatasi Diare Pada Bayi

Diare harus segara ditangani, jika tidak hal ini akan menyebabkan dehidrasi pada penderita yang dapat berakibat pada kematian. Diare tidak hanya menyerang orang tua usia lanjut, dewasa dan remaja. Bahkan, penyakit ini dapat menyerang buah hati kita yang rentan terhadap penyakit.

Pada umumnya, diare yang terjadi pada bayi biasa menyerang bayi berusia 0-4 tahun, karena masa masa ini imun tubuh belumlah sekuat orang dewasa ditambah masalah pencernaan yang rentan terjadi pada bayi bayi. Penyakit diare di indikasikan dengan seringnya buang air besar dan rasa mulas diperut yang berkepanjangan, kotoran encer keluar 4 kali sehari, dehidrasi dan lain sebagainya.

Hal ini tentu sangat tidak mengenakan dan harus segera diatasi segara terutama pada kasus yang menyerang bayi bayi. Secara teori, penyakit diare atau disentri ini disebabkan oleh meningkatnya peristaltic usus, sehingga pelintasa chymus sangat dipercepat dan masih mengandung banyak air pada saat meninggalkan tubuh sebagai kotoran atau tinja.

Hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah kondisi lingkungan yang kotor, sanitasi dan kebersihan rumah yang buruk, kurangnya minum air putih yang aman dan jajanan yang tidak sehat.

Berikut merupakan tips menyembuhkan diare dan mencegahnya. Pengobatan yang bisa dilakukan saat bayi terserang diare adalah dengan memberikan ASI, susu formula dan makanan padat pada bayi. Kemudian berikan oralit atau larutan gula dan garam yang berfungsi untuk mengganti cairan tubuh bayi yang hilang. Setelah itu berikan makanan seperti biasa ketika bayi sehat.

Hindari pemberian obat anti diare pada bayi karena justru akan menghambat kuman yang akan keluar dari tubuh bayi dan segera bawa bayi kedokter atau puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Hal ini dikarenakan diare adalah penyakit yang berbahaya jika tidak langsung ditangani. Menjaga lingkungan rumah serta sanitasi yang baik juga merupakan salah satu cara mengatasi diare pada bayi.