Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi penting untuk anda ketahui agar anda bisa mengatasi permasalahan ini ketika terjadi pada anak anda. Cegukan pada bayi sebenarnya merupakan hal yang cukup biasa yang para ibu jumpai pada bayi mereka. Disini anda akan mempelajari bagaimana mengatasi cegukan pada bayi. Cegukan memang suatu hal yang biasa pada manusia, namun sepertinya tak baik hanya membiarkan sang buah hati tetap cegukan, karena cegukan juga dapat mengganggu sistem pernapasan serta diafragma sang buah hati.

Namun, seperti yang anda tahu, bahwa cegukan bukan merupakan hal yang terlalu dikhawatirkan karena hal ini biasa terjadi pada manusia dimana terjadi semacam kontraksi otot yang terjadi di diafragma. Oleh karena itu, sebagai seorang ibu, tentunya bisa membantu setidaknya untuk menenangkan bayi dan dapat mengatasi cegukan tersebut, karena bayi tentunya tidak nyaman pada kondisi tersebut.


Aplikasikan Beberapa Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Berikut

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang pertama adalah dengan merubah posisi menyusui anda. Ya, cegukan biasa terjadi ketika anda sedang menyusui sang buah hati, oleh karena itu anda perlu mengubah posisi menyusui anda menjadi posisi yang lebih nyaman untuk buah hati anda.

Lalu, bila posisi menyusui anda dikira sudah nyaman bagi bayi anda, anda harus menunggu hingga bayi anda berhenti cegukan. Kemungkinan besar, cegukan disebabkan karena bayi menelan ASI bersamaan dengan udara yang masuk, sehingga menyebabkan cegukan. Namun, bila anda tidak sedang menyusui, dan tiba – tiba bayi anda cegukan, ada baiknya bila anda memberikannya ASI atau air putih yang dapat melancarkan tenggorakan sang buah hati. Biasanya kekeringan di tenggorokan juga dapat menyebabkan cegukan.Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan Pada BayiCara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah menggosok atau mengelus punggung bayi. Bila anda mendapati bayi anda cegukan, anda dapat megelus – elus punggung sang buah hati hingga cegukannya hilang. Kadang bayi cegukan secara tiba – tiba, bila anda mendapatinya cegukan dan telah mencoba melakukan cara yang pertama namun tidak berhasil, ada baiknya bila anda menggosok sembari sedikit memijit punggung bayi hingga bayi berhenti cegukan.

Anda tidak perlu menggosoknya dengan keras, karena bila anda menggosoknya terlalu keras bisa saja itu hanya akan melukai sang buah hati. Jadi, gosoklah dengan lembut, serta dengan sedikit memijitnya. Cara ini secara perlahan dapat mengusir cegukan yang dialami sang buah hati.

Memberi makan sebagai sampingan sang buah hati juga merupakan cara yang cukup efektif untuk menghindari cegukan bayi. Cara ini dipercaya cukup signifikan dalam mengurangi frekuensi cegukan bayi. Bila bayi anda sudah bisa untuk mengkonsumsi makanan lain selain ASI seperti bubur sumsum, ada baiknya bila anda dapat memberi buah hati anda makanan – makanan tersebut secara teratur. Namun, anda juga tidak dianjurkan untuk memberi makan bayi terlalu banyak, karena makan terlalunya banyak justru dapat menimbulkan cegukan.

Cukup sedikit demi sedikit, namun teratur. Dan, apabila saat diberi makan atau menyusui bayi anda mengalami cegukan, cobalah untuk menghentikan aktivitas makan atau menyusuinya, sampai sang buah hati berhenti cegukan. Cara – cara di atas merupakan cara mengatasi cegukan pada bayi yang efektif.

TAGs: cara mengatasi cegukan pada bayi