Cara Mengatasi Bayi Kuning Saat Lahir

Cara mengatasi bayi kuning kelahiran seorang bayi merupakan momen membahagiakan untuk wanita. Pasca melairkan, wanita perlu memperhatikan perkembangan buah hatinya karena bayi yang baru lahir akan rentan terkena penyakit, terutama penyakit kuning. Penyakit ini disebabkan karena meningkatnya kadar bilirubin yang terdapat di dalam tubuh.

Warna kuning biasanya terlihat di bagian mata serta hampir tersebar ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir bila hal tersebut terjadi pada bayi yang baru lahir. Sebelum kembali memeriksanya ke dokter, ada baiknya Anda mencoba beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menangani si bayi kuning. Yuk, simak uraian berikut!


 

Tindakan Cara Mengatasi Bayi Kuning

Cara mengatasi bayi kuning dengan cara menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi. Kulit bayi yang sensitif akan rentan menerima pengaruh dari dalam ataupun luar tubuhnya. Sinar matahari sangat baik untuk mengatasi bayi kuning, jemur bayi selama tiga puluh menit dalam keadaan si bayi tidak menggunakan pakaian.

Namun, jangan sampai pantulan sinar matahari mengenai bagian mata. Lalu berikan ASI secukupnya pada bayi, hal ini bermanfaat untuk menurunkan kadar bilirubin yang akan di keluarkan melalui fecees dan dapat mengurangi sirkulasi enterohepatik pada bayi. Tetapi saat melakukan kegiatan tersebut perlu pengawasan dari dokter agar tidak terjadi peningkatan terhadap kadar bililubin yang disebabkan oleh ASI. Hal penting lain yakni anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan proses ini karena jika salah justru bayi anda bisa kepanasan.Cara Mengatasi Bayi Kuning

Cara Mengatasi Bayi Kuning

Di samping itu, apabila penyebabnya terjadi karena suatu infeksi, ada baiknya bayi diberikan obat-obatan atau antibiotik. Pemberian obat pun tidak bisa dilakukan secara terus menerus, jika bayi sudah membaik pemberian obat-obatan terpaksa harus dihentikan. Selanjutnya, jika kadar bilirubin pada bayi Anda melebihi 20 mg/dl, lakukanlah transfusi tukar darah. Transfusi darah dapat dihentikan bila hanya dengan sekali tukar darah bisa mengembalikan kadar bilirubin yang normal. Terapi ini sangat efektif dalam menurunkan kadar bilirubin. Selain itu, terapi sinar lampu biru atau yang biasa disebut dengan fototerapi. Terapi tersebut menggunakan dua belas lampu yang disusun secara rapih dengan gelombang tertentu. Sedangkan bagian bawah lampu terdapat lapisan kaca yang berfungsi untuk meningkatkan intensitas sinar energi yang efektif. Dalam proses penyinaran diperlukan waktu yang cukup sesuai dengan kebutuhan bayi tersebut.

Setelah persalinan, tenaga medis akan melakukan pemeriksaan bilirubin total secara rutin kepada bayi kuning, sehingga Ibu dapat mengetahui perkembangan kadar bilirubin sebelum bayi dibawa pulang ke rumah. Dengan demikian, anda akan merasa lebih tenang ketika ketika bayi anda pulang. Biar bagaimanapun, pencegahan akan lebih terasa hasilnya dibandingkan dengan mengobati maka lakukanlah cara mengatasi bayi kuning.

TAGs: mencegah bayi kuning, mencegah bayi kuning saat hamil