Cara Mengatasi Bayi Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi sering kali terjadi pada bayi. Alergi susu sapi disebabkan oleh faktor kandungan protein yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh bayi. Alergi susu sapi pada bayi biasanya akan menimbulkan beberapa gejala tertentu. Beberapa gejala ini sangat penting untuk diketahui orang tua agar tindakan mengatasi bayi alergi susu sapi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.

Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Gejala alergi susu sapi pada bayi dapat dibagi menjadi dua yaitu gejala langsung dan gejala jangka panjang. Ada jenis bayi yang menunjukkan secara langsung gejala alergi saat susu sapi diberikan, dan ada pula baru yang menunjukkan gejala alergi setelah beberapa hari diberi susu sapi.


Gejala Langsung

Berikut ini merupakan beberapa gejala alergi susu sapi pada bayi yang biasanya timbul tidak lama setelah bayi diberi minum susu sapi :

  • Muntah setelah diberi minum susu sapi
  • Bayi menujukkan tanda-tanda gelisah
  • Terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh bayi
  • Nafas bayi berdesing dan ter engal-engal
  • Ruam merah pada beberapa bagian tubuh bayi
  • Diare yang disertai dengan darah

bayi alergi susu sapi

Gejala Jangka Panjang (7-10 hari)

Berikut ini merupakan beberapa gejala alergi susu sapi pada bayi yang nampak dalam jangka waktu agak panjang :

  • Feses yang cair (mencret)
  • Muntah – muntah
  • Tidak tenang / gelisah
  • Bercak merah pada bagian kulit

bayi alergi susu sapi

Cara Mengatasi Bayi Alergi Susu Sapi

Untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi, Anda dapat mengganti semua produk susu sapi yang Anda berikan kepada bayi Anda dengan produk susu dari bahan lainnya seperti susu kedelai dan juga susu kambing. Saat ini, ada banyak sekali produk susu kedelai maupun susu kambing yang dijual khusus di toko – toko penjualan susu bayi.

Jika bayi Anda juga mengalami alergi terhadap susu kedelai ataupun susu kambing, Anda dapat mencoba menggunakan susu formula hipalergenik. Susu jenis ini telah diolah sedemikian rupa sehingga kandungan proteinnya telah berubah menjadi partikel – partikel kecil yang tidak menyebabkan alergi pada bayi.

Setelah Anda menerapakan cara mengatasi bayi Alergi susu sapi di atas, biasanya gejala alergi susu sapi akan hilang setelah 2 hingga 4 minggu.


TAGs: alergi susu sapi, tanda tanda susu formula tidak cocok, kulit bayi yang alergi susu formula, jangka waktu bayi alergi susu sapi, gambar bintik merah tanda gak cocok sufor, gambar bayi yang alergi susu sapi, download ciri kadas susu dan cara mengobatinya, contoh orang alergi susu sapi, contoh bayi cocok dengan susu formula, ciri bayi alergi susu soya, ciri alergi susu sapi, cara penanganan yang tepat alergi susu sapi, cara mengatasi bayi alergi susu sapi, cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi, bayi tidak cocok dengan susu, anak alergi sufor, alergi susu formula pada bayi 6bln

Scroll Up