Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Cara Mendidik Anak Usia 2 s/d 4 Tahun

Cara mendidik anak akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter dan sifat. Orang tua perlu menyesuaikan cara mendidik dengan usia anak. Sayangnya, hal ini masih banyak tidak diketahui oleh para orang tua.

Seiring bertambahnya usia anak, dimana sifat-sifatnya sudah mulai terlihat maka tugas orang tua untuk mengarahkan si anak tentang hal yang baik dan buruk, benar dan salah.

Perbedaan karakter pada setiap anak sering menimbulkan masalah bagi orang tua dalam menghadapi perilaku anak. Oleh karena itu, sedini mungkin lakukan cara mendidik yang tepat.

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Pada usia 2 tahun, seorang anak akan lebih aktif dari sebelumnya karena berbagai indera dan bagian tubuh mulai berfungsi dengan baik. Keingintahuannya sangat besar terhadap segala hal, tak heran jika orang tua mulai merasa kerepotan dalam menjaganya. Ada beberapa cara mendidik anak yang bisa dilakukan contohnya sebagai berikut.

cara mendidik anak yang baik

  • Luangkan Waktu

Setiap waktu dalam tumbuh kembang anak adalah suatu hal yang sangat berharga karena waktu tidak dapat dikembalikan, oleh karena itu nikmati masa-masa bersama anak. Luangkan lebih banyak waktu agar orang tua punya andil besar terhadap perkembangan anak. Lakukan interaksi untuk mengasah berbagai kemampuannya seperti berbicara, berfikir, belajar, membentuk karakter, dll.

  • Ajarkan Kebiasaan Baik

Usia 2 tahun merupakan usia emas dimana pada usia ini lebih mudah dalam pembentukan karakter. Ajarkan sedini mungkin kebiasaan baik, orang tua bisa memulai dari kebiasaan kecil yang mudah dilakukan oleh anak, misalnya untuk tidak pipis sembarangan, berbagi makanan kepada temannya, belajar antri atau disiplin, belajar mengucapkan ‘terima kasih’ dan ‘maaf’.

Usahakan untuk menjadi sosok orang tua yang bisa menjadi contoh langsung bagi anak agar anak dapat mengikuti hal baik yang dilakukan orang tua.

  • Pengawasan

Anak yang mulai aktif biasanya akan melakukan hal-hal yang sering tidak dimengerti oleh orang tua. Biarkan hal tersebut terjadi selama tidak membahayakan, bisa jadi apa yang dilakukan anak merupakan suatu bentuk tindakan dalam memahami sesuatu.

Ekspresi dan emosional pada anak usia 2 tahun juga lebih terlihat. Lakukan pengawasan dengan tidak membatasi ruang anak dalam bertindak dan berekspresi, namun tetap memperhatikan segala hal yang baik dan buruk agar anak senantiasa terjaga.

cara mendidik anak yang baik,cara mengasuh anak balita

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Mengajak anak keluar rumah atau rekreasi ke alam terbuka adalah cara mendidik anak yang menyenangkan pada usia 3 tahun. Pada usia ini, anak akan memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga orang tua dapat mengenalkan segala sesuatu tentang dunia luar kepada anak.

Anda bisa mengajak ke taman bermain dimana ada anak lain yang seusianya, biarkan ia berinteraksi atau bermain bersama untuk meningkatkan kemampuan sosial anak. Selain itu, rekreasi sambil belajar juga baik dilakukan dengan pergi ke kebun binatang, anda bisa mengenalkan berbagai jenis hewan kepada anak.

Cara mendidik Anak Usia 4 tahun

Pada usia ini, sudah banyak hal yang bisa dilakukan seorang anak sehingga kita tidak bisa menggunakan cara mendidik anak seperti sebelumnya. Untuk membuat anak usia 4 tahun lebih mandiri, maka orang tua perlu membangun rasa percaya diri dan melatih anak.

cara mengasuh anak usia 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 tahun

Latih diri anak untuk bisa menentukan pilihan dan mengerjakan apa yang bisa ia kerjakan seorang diri, misalnya baju apa yang ingin ia pakai, kemudian biarkan ia belajar untuk makan, gosok gigi, mandi dan lainnya seorang sendiri agar anak terbiasa. Yang terpenting, selama proses belajar tersebut orang tua tetap mengawasi.

Tips Mendidik Anak Secara Islami

Islam sebagai agama yang rahmatan lilalamin telah mengatur segala aspek kehidupan dengan sangat baik melalui berbagai petunjuk dari Al-Quran dan sunnah. Dalam cara mendidik anak, Rasulullah SAW sudah mencontohkan cara mendidik secara islami, berikut point penting yang telah beliau ajarkan.

-Mengenalkan kepada anak tentang tauhid (ketuhanan)

-Mengajari anak sholat dan ibadah wajib serta sunnah lainnya

-Membiasakan berdoa sebelum melakukan rutinitas, seperti doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum tidur, dan sebagainya.

-Memberikan bimbingan dan pendidikan terbaik

-Tidak memarahi dan mencela anak, terlebih di tempat umum

-Mengajarkan adab dan akhlak yang baik

-Menyayangi anak dengan tulus serta senantiasa mendoakan mereka.

Demikianlah penjelasan kami mengenai tips mendidik anak usia 2-4 tahun. Perlu kita ketahui bahwa bila karies/bisnis seseorang mengalami kegagalan maka bisa di coba kembali, di ulang kembali. Namun bila mendidik anak gagal, maka hal itu berdampak ke sisa hidup kita sebagai orang tua dan hidup anak kedepannya. Semoga bermanfaat.