Cara Menangani Bayi Lahir Tidak Menangis

Normalnya, setiap bayi yang baru dilahirkan akan menangis sebagai pertanda paru – paru bayi telah berfungsi dengan baik. Meskipun begitu, dalam kondisi tertentu ditemukan pula bayi lahir tidak menangis. Jika bayi tidak menangis saat pertama kali dilahirkan, maka kemungkinan besar saluran pernafasan bayi tidak bekerja dengan baik.

Penyebab Bayi yang Lahir Tidak Menangis

Penyebab utama bayi lahir tanpa menangis pada dasarnya adalah tersumbatnya saluran pernafasan bayi. Ketika saluran pernafasan bayi tersumbat, maka secara otomatis bayi tidak dapat mengeluarkan suara sama sekali. Beberapa penyebab terjadinya penyumbatan pada saluran pernafasan bayi sendiri adalah sebagai berikut :


bayi lahir tidak menangis

  1. Kondisi Ibu Sebelum Persalinan

Kondisi tubuh ibu yang tidak wajar (panggul sempit, terjadi pendarahan dan air ketuban hijau kental) di masa kehamilan dapat menyebabkan permasalahan kesulitan bernafas (asfiksia) pada bayi. Berbagai macam penyakit di masa kehamilan seperti Diabetes Millitus, anemia, preeklamsia, dan berbagai macam penyakit lainnya juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan bayi.

  1. Keadaan pada Saat Persalinan

Kondisi persalinan yang tidak normal seperti sungsang, jalan lahir sempit, ataupun penekanan tali pusar oleh tubuh janin juga dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan bayi. Selain itu, asfiksia juga dapat terjadi ketika plasenta terlepas lebih dahulu sehingga menyebabkan lilitan pada bayi.

Cara Menangani Bayi Lahir Tidak Menangis

  1. Jaga Kehangatan Tubuh Bayi

Langkah awal yang harus dilakukan ketika menemui bayi yang lahir tidak menangis adalah menjaga kehangatan bayi. Tindakan ini dapat dilakukan dengan jalan mengeringkan dan juga menyelimuti sekujur tubuh bayi. Suhu hangat dibutuhkan oleh bayi agar dapat terus bertahan hidup.

  1. Atur Posisi Kepala Bayi dan Membersihkan Saluran Pernafasan

Agar jalur pernafasan bayi bisa berjalan dengan lancar, posisi kepala bayi perlu diatur dengan baik (posisikan kepala bayi sejajar dengan tubuhnya). Selain itu, bersihkan juga berbagai macam penyumbat yang ada di saluran pernafasan (mulut dan hidung).

  1. Berikan Rangsangan Taktil

Cara menangani bayi lahir tidak menangis yang terakhir adalah dengan memberikan rangsangan taktik kepada bayi. Rangsangan taktil merupakan rangsangan yang dilakukan untuk merangsang pernafasan bayi dengan jalan menepuk ataupun menyentil bagian telapak kaki dan juga punggung bayi.

TAGs: bayi baru lahir tidak menangis, bayi lahir tidak menangis, bayi lahir tidak nangis, Lahir tidak menangis, penyebab bayi tidak menangis saat dilahirkan, cara memberikan pertolongan pada bayi yg tdk menangis, Cara membuat bayi baru dilahirkan menangis, bayi yang tidak menangis pas lahir, bayi tidak menangis saat pertama lahir, bayi terlahir tidak menangis, cara agar bayi menangis pas lahir, bayi lahir tidak menangis 2017, saat lahir bayi tidak menangis, bayi lahir tdk menangis, bayi lahir tanpa menangis, bayi lahir tak langsung menanggis, anak yang lahir tidak menangis