Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Cara Menanam Selada Hidroponik Berkualitas Tinggi

Cara menanam selada hidroponik terasa lebih mudah, baik dari awal hingga perawatan tanaman hingga tumbuh secara berkualitas. Selada adalah salah satu tanaman yang sering digunakan dalam masakan.

Dengan menanam sendiri di rumah, maka Anda bisa memiliki selada yang lebih berkualitas dengan cara penanaman yang terjaga dan sudah tahu betul perawatannya

Cara menanam selada hidroponik

Memiliki pekarangan yang penuh dengan sayuran hijau akan menambah kesejukan rumah dan sayuran bisa dimasak. Salah satu cara menanam yang mudah dilakukan adalah hidorponik. Anda pun dapat mencoba selada hidroponik untuk ditanam di bagian belakang.

cara semai menabur benih selada hidroponik

cara semai/menabur benih selada menggunakan metode rockwell/spons/busa

cara menanam selada hidroponik sederhana

cara menanam selada hidroponik sederhana

Berikut adalah langkah-langkah dalam cara menanam selada media hidroponik:

  1. Persiapan awal

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menanam selada hidroponik adalah menyiapkan bibit selada dan media terlebih dulu. Media tanam yang bisa Anda gunakan antara lain spons, baki, botol bekas, pot plastik, arang sekam, baskom atau pipa air dan nutrisi untuk penanaman.

  1. Penyemaian

Pilihlah bibit yang berkualitas, seperti bentuknya yang masih utuh berupa butiran. Semai bibit pada media semai berupa padi kering yang di bakar atau sering disebut sebagai arang sekam. Cara semai benih selada hidroponik adalah dengan menaburkan bibit selada pada media yang sudah ditaruh dan diratakan dalam baki. Setelah itu, tutup media dengan plastik dalam 2 hari dan biasanya bibit akan berubah menjadi kecambah. Kemudian letakkan bibit di tempat yang cukup asupan cahaya matahari selama 2 minggu dan tunggu bibit tumbuh cukup tinggi.

  1. Penanaman

Langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit yang sudah tumbuh pada media tanam yang tersedia. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memindahkan bibitnya agar tidak putus atau patah. Cara yang mudah adalah memberikan air ke dalam baskom lalu goyang-goyangkan baskom agar bibit terpisah dengan media semainya sehingga bisa diambil dengan aman. Apabila sudah terpisah dari media tanam, jepit selada dengan spons dan masukkan spons dalam pot. Sebelumnya, Anda sudah harus mengisi pot dengan media tanam lalu meletakkan di pipa air yang sudah diberikan nutrisi AB mix. Pastikan jika akar selada tercelup dalam larutan nutrisi air karena larutan AB mix adalah satu-satunya nutrisi untuk tanaman. Inilah cara menanam selada hidroponik dengan botol bekas maupun media wadah lainnya.

  1. Perawatan

Apabila selada sudah tumbuh dalam media pot atau media lainnya yang Anda pakai, maka untuk perawatannya tidak akan menyulitkan Anda. Cukup dengan memperhatikannya secara rutin dan memastikan intensitas kebutuhan nutrisi. Jika ada daun yang gugur atau menguning karena tidak sehat maka Anda bisa memotongnya agar penyakit tidak menjalar ke bagian tanaman yang lain. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah tanaman terbebas dari gulma dan hama.

Demikian cara menanam selada hidroponik yang benar agar tanaman dapat tumbuh subur dan sehat.